Tinjau Vaksinasi Siswa, Pangdam Jaya Harap Herd Immunity Segera Terbentuk

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 00:27 WIB
Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji meninjau pelaksanaan vaksinasi siswa di Sekolah BM 400, Pondok Pinang, Jaksel
Foto: Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji meninjau pelaksanaan vaksinasi siswa di Sekolah BM 400, Pondok Pinang, Jaksel (dok. Pendam Jaya)
Jakarta -

Pelajar tingkat SMP dan SMA di Sekolah Bakti Mulya (BM) 400, Pondok Pinang, Jakarta Selatan (Jaksel) menjalani vaksinasi COVID-19. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kodam Jaya dan Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad).

"Tujuannya vaksinasi ini adalah untuk meraih herd immunity warga negara Indonesia, mulai remaja usia 12 tahun ke atas, terutama warga DKI Jakarta kuat terhadap COVID-19," kata Pangdam Jaya, Mayjen Mulyo Aji dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) Jaya, Rabu (4/8/2021).

Mulyo Aji turut meninjau jalannya vaksinasi massal ini. Dia menerangkan peran TNI-Polri, pemerintah daerah dan dinas kesehatan hanyalah penyelenggara dalam program vaksinasi nasional ini, sehingga membutuhkan keterlibatan semua elemen masyarakat yang berperan sebagai peserta agar tujuan utama untuk membentuk herd immunity tercapai.

"Kami 4 Pilar, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan hanya merupakan bagian dari pada alat penyelenggaraan, bagaimana masyarakat terhindar dari COVID-19. Namun dalam penyelesaiannya, agar pandemi COVID-19 ini cepat selesai, semua elemen masyarakat harus terlibat," ucap Mulyo Aji.

"Sehingga bangsa Indonesia cepat pulih dan bangkit kehidupannya. Sehingga dampak kematian akibat COVID-19 dapat diantisipasi, karena seluruh warganya sudah divaksin dan herd immunity sudah diraih," tambah dia.

Mulyo Aji juga mengimbau para peserta vaksin untuk mendorong orang-orang di sekitar agar segera melakukan vaksinasi COVID-19. "Ajak saudara, teman, kerabat dan tetangganya agar segera datang ke tempat-tempat pelayanan vaksin yang sudah disiapkan," tutur dia.

Terakhir, Mulyo Aji menyampaikan apresiasinya terhadap Hipakad dan guru-guru SMP serta SMA BM 400 yang berperan aktif membantu pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa, seperti yang dilakukan oleh Hipakad dan para guru-guru SMP, SMA BM 400, yang sudah turut aktif dalam misi kemanusiaan dengan menyelenggarakan serbuan vaksin. Ini perlu diapresiasi dan saya senang dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti ini," pungkas Mulyo Aji.

Sebelum meninggalkan lokasi vaksinasi, dia menyerahkan bantuan berupa masker secara simbolis kepada Ketua Umum Hipakad, H. Isfan Fajar Satryo dan perwakilan guru BM 400.

(aud/knv)