Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Beri Bansos ke Warga Kepulauan Seribu

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 22:27 WIB
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Beri Bansos ke Warga Kepulauan Seribu
Foto: Dok. Imigrasi Jaksel
Jakarta -

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta menyerahkan bantuan sosial ke masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka hari ini. Adapun kegiatan ini merupakan kerja sama bersama Pengwil DKI Jakarta Ikatan Notaris Indonesia.

Selain instruksi Menkumham Yasonna H Laoly, bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian 4.206 ASN Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan 896 Notaris se-DKI Jakarta. Adapun bantuan ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19.

"Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta beserta Pengwil DKI Jakarta ini ingin lebih dekat kepada masyarakat Kepulauan Seribu, serta ingin sedikit berbagi dan peduli kepada masyarakat Kepulauan Seribu yang terdampak COVID-19, karena kite adalah bersodare," ujar Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/8/2021).

Mengusung tema 'Kumham Peduli, Kumham Berbagi, Kumham Sukseskan Vaksinasi Merdeka', kegiatan bakti ini berlangsung pada 6-7 Agustus 2021. Dalam kegiatan ini, Ibnu menyampaikan pihaknya memberikan bantuan berupa 900 paket sembako kepada masyarakat.

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga menyerahkan bantuan sosial berupa uang tunai sejumlah Rp 100 juta yang diserahkan langsung kepada Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

Selain menyerahkan bantuan, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga menyelenggarakan layanan kesehatan berupa konsultasi isolasi mandiri dan vaksinasi bagi 250 orang masyarakat. Ada pula sosialisasi terkait pengawasan Orang Asing dan Sosialisasi Pembinaan Pemasyarakatan.

Di samping itu, Ibnu mengatakan pihaknya juga menghadirkan pelayanan lainnya, yakni pembinaan kelurahan/desa sadar hukum (layanan konsultasi hukum), serta diseminasi HAM dan layanan konsultasi administrasi hukum umum (kenotariatan, fidusia, perseroan perorangan, wasiat, kepailitan dan pengampuan).

Ibnu juga turut berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Seribu yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut sehingga pendistribusian paket bantuan sosial dapat berjalan lancar. Ia berharap seluruh bantuan dan layanan ini dapat meringankan beban masyarakat.

"Harapan kami janganlah melihat dari nilai apa yang kami persembahkan ini, namun keikhlasan kami seluruh ASN Kemenkumham dan Notaris se-DKI Jakarta. Semoga dapat sedikit meringankan beban masyarakat kita di masa pandemi ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Bakti Kemenkumham di Kepulauan Seribu ini merupakan rangkaian akhir dari seluruh kegiatan. Sebelumnya kegiatan ini telah berlangsung di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara pada 31 Juli 2021 lalu.

Kegiatan Bakti Kemenkumham ini turut dihadiri oleh Ketua Pengwil DKI Jakarta INI, asisten pemerintahan dan kesra, asisten administrasi, ekonomi dan pembangunan Kepulauan Seribu, para pimpinan tinggi Pratama Kanwil DKI Jakarta, para kepala unit pelaksana teknis, Camat dan Lurah Kepulauan Seribu dan warga Kepulauan Seribu.

(akd/ega)