IPC Banten Gelar Vaksinasi Gratis di Pelabuhan Ciwandan

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 20:43 WIB
IPC Banten
Foto: dok. IPC Banten
Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Banten bersama Ditpamobvit dan Dokkes Polda Banten menggelar vaksinasi gratis di Pelabuhan Ciwandan. Kegiatan ini menargetkan 1.500 peserta menyasar masyarakat sekitar pelabuhan, pengguna jasa, karyawan, keluarga karyawan dan instansi terkait di lingkungan sekitar.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Banten Agung Fitrianto menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 di wilayah Kota Cilegon dan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintah daerah menekan penularan COVID-19

"Kenapa kami menyelenggarakan di sini? Karena kami ini termasuk sektor industri esensial pelabuhan ini. Pelabuhan ini kan bergerak di bidang logistik dan transportasi, jadi nggak boleh kegiatan ini sampai berhenti," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/8/2021).

Soal pelaksanaan vaksinasi, Agung menyampaikan kegiatan ini berlangsung mulai 8-12 Juli 2021 untuk tahap pertama. Sementara tahap kedua berlangsung pada 5-6 Agustus 2021 bertempat di Halaman Kantor IPC Banten. Kegiatan ini pun mendapat antusias positif di masyarakat.

Kegiatan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mendapat pengawasan penuh dari tim Satgas COVID-19. Mengingat berlangsung di masa PPKM Darurat, Agung menyebut proses vaksinasi juga menggandeng pihak Dokkes Polda Banten.

Ia berharap program vaksinasi massal secara simultan dapat menekan, bahkan menghentikan pandemi COVID-19 di Indonesia, khususnya Kota Cilegon.

"Kami berterima kasih khususnya kepada Dokkes Polda Banten dan tenaga kesehatannya. Jadi kita sama-sama bagaimana caranya bisa mengatasi pandemi ini salah satunya dengan vaksin," katanya.

Agung menambahkan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia saat ini semakin tinggi. Di Banten, beberapa kota dan kabupaten sudah masuk dalam zona merah, termasuk Kota Cilegon.

Untuk itu, ia mengingatkan akan pentingnya kesadaran masyarakat dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

"Bayangin kalau mereka pada terpapar semua. Makanya adanya vaksin ini diharapkan bisa mengurangi dampak mencegah penyebaran COVID-19 namun tetap kita menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

"Untuk IPC Banten sendiri telah melakukan langkah-langkah pencegahan dengan memberikan vaksinasi kepada seluruh pekerja sebanyak dua kali, membatasi jumlah pekerja yang hadir di kantor dengan WFH, serta melakukan rutinitas penyemprotan desinfektan pada tempat-tempat pelayanan," pungkasnya.

(akd/ega)