Soal Beras Bansos 'Batu' di Banten, Menko PMK: Sudah Tidak Ada Masalah

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 10:18 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Foto: Rifat Alhamidi
Jakarta -

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bantuan beras beras basah untuk warga terdampak PPKM di Pandeglang sudah tidak ada masalah. Beras tersebut sudah ditarik dan diganti dengan beras yang berkualitas baik.

"Bahwa di sini ada pembagian beras bansos dalam rangka PPKM yang kurang baik. Bahkan judulnya seru banget. Setelah saya cek di lapangan ini, ternyata sudah tidak ada masalah," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/6/2021).

Untuk diketahui, rombongan Kemenko PMK mendatangi kantor PT. Pos Indonesia Cabang Pandeglang pada Jum'at (6/8) pukul 16.00 WIB, dengan didampingi Kepala Divisi Perawatan dan Pengendalian Mutu Perum BULOG, Etik Yulianti, Bupati Pandeglang, Irna Narulita Dimyati, Kepala dinas sosial setempat, Kejaksaan Tinggi, Kapolres, dan PT. Pos Indonesia cabang Pandeglang.

Rombongan kemudian mengunjungi mitra penggilingan BULOG, dan juga meninjau gudang BULOG serta memeriksa beras yang belum disalurkan PT Pos Indonesia.

Lebih lanjut Muhadjir mengatakan berdasarkan laporan kronologis dari PT Pos Indonesia, pihak BULOG, dan Bupati Pandeglang, kondisi beras yang tidak bagus dikarenakan terkena hujan. Namun menurutnya, beras tersebut sudah langsung disisihkan untuk diganti dengan beras kondisi baik oleh BULOG.

Sementara itu, Kepala Divisi Perawatan dan Pengendalian Mutu Perum BULOG, Etik Yulianti menyebut langkah-langkah perbaikan sudah dilakukan. Kendati demikian pihaknya tetap akan mengevaluasi guna mencegah terjadinya hal-hal seperti ini terulang kembali. Hasil evaluasi nantinya akan menjadi prosedur tetap dalam pola penanganan apabila terjadi insiden serupa, termasuk di situasi cuaca yang ekstrim dan daerah terpencil lainnya yang berisiko tinggi.

Etik juga mengunjungi sejumlah warga penerima bantuan beras PPKM dan memintanya untuk memasak beras tersebut dengan disaksikan oleh banyak orang.

"Ini berasnya ibu, sudah dimasak silakan mencicipi. Enak rasanya, pulen," kata salah seorang warga Kelurahan Pandeglang, Ipah.

Hal senada juga disampaikan Titin. Ia bahkan mengharapkan bisa tetap mendapatkan bantuan beras PPKM, terlebih di saat sulit seperti sekarang.

Di sisi lain, Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati mengatakan sebetulnya kejadian ini merupakan insiden kecil. Pihaknya fokus pada solusi untuk menyelesaikan masalah.

"Saya sangat mendukung penanganan yang seperti ini, cepat dan tuntas," pungkasnya.

(prf/ega)