ADVERTISEMENT

Pekerja Seni di Jateng & Jatim Terima Bantuan Sembako dari Ketum PKB

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 17:10 WIB
PKB
Foto: PKB
Jakarta -

Sejumlah padepokan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan bantuan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. Bantuan itu berupa paket sembako dan disalurkan melalui Padepokan Seni Kirun, Kamis (5/8) kemarin.

Pendiri Padepokan Seni Kirun sekaligus seniman senior, H. Muhammad Syakirun atau akrab disapa Kirun mengatakan bantuan tersebut adalah kali kedua diberikan Muhaimin kepada para pelaku seni, khususnya di wilayah Mataraman.

"Awal pandemi kurang lebih ada 2.000 paket, lalu periode ini saya matur DPP dikirim 300 paket, isinya beras 2 liter, mi instan, kecap, sarden, minyak dan gula," kata Kirun dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Kirun menjelaskan bantuan itu ia distribusikan antara lain kepada pelaku seni Ludruk Irama Muda yang berada di Ponorogo, Jawa Timur, Ludruk Suromenggolo yang berada di Magetan, Jawa Timur, Sanggar Griya Seni Kasunarnan di Surakarta, Jawa Tengah, serta seniman Karawitan individu.

Menurut Kirun, bantuan Muhaimin sangat membantu sejumlah pelaku seni yang sejak awal pandemi mengalami kesulitan. Ia mengatakan hampir seluruh pelaku seni menjadi korban dari ganasnya COVID-19.

"Semua terdampak COVID-19. Satu grup karawitan 25 orang, belum Ludruk, belum yang Campursari, belum seniman, belum penyanyi, pelukis, teater, tukang sound, tukang panggung semua berhenti total. Tapi Alhamdulillah, PKB sudah menggelontorkan mulai awal pandemi sampai kemarin itu," ungkap Kirun.

Karena itu, ia menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas kepedulian Muhaimin kepada para pelaku seni. Ia berkata bantuan kedua Muhaimin itu disalurkan kepada pelaku seni.

"Maturnuwun Gus Muhaimin dan teman-teman DPP PKB. Tetap semangat, mantap, kuat dan sehat. Kalau DPP ada beras dan sembako, padepokan Seni Kirun siap mendistribusikan," ujarnya.

Di sisi lain, Kirun berharap seluruh aktivitas kembali normal. Menurutnya seniman sadar semua orang di dunia merasakan dampak COVID-19, namun dengan semangat kebersamaan diiringi penerapan Protokol Kesehatan dan gotong royong dia optimis semua akan bangkit.

"Kalau normal petani panen, laju perekonomian pulih, keamanan kondusif, pendapatan PKL, semuanya orang pulih, ada uang, ada panen, ada ekonomi, tentunya kesenian juga pulih, berarti banyak yang ngundang," tutur Kirun.

Sementara itu, sejumlah pelaku seni pun sumringah mendapat bantuan dari Muhaimin. Salah satu seniman dari Ludruk Irama Muda Ponorogo menyampaikan terimakasih kepada Muhaimin atas bantuan yang sudah diberikan.

"Terima kasih saya sampaikan kepada Gus Muhaimin yang telah memberi bantuan kepada Ludruk Irama Muda melalui Padepokan Seni Kirun. Semoga berkah dan bermanfaat," tutur salah seorang pelaku seni tersebut.

Begitu juga dengan pelaku seni dari Ludruk Suromenggolo Magetan dan Griya Seni Kasurnanan Surakarta yang juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Muhaimin. Mereka mengaku akan segera menyalurkan bantuan itu kepada seluruh anggota pedepokan seni masing-masing.

"Kami segenap pengurus Griya Seni Kasunarnan Surakarta siap menyalurkan bantuan Gus Muhaimin kepada rekan-rekan seni, teater dan tradisi di Surakarta," ungkap seorang pengurus Griya Seni Kasunarnan.

Terpisah, Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto mengatakan bantuan itu merupakan wujud kepedulian Muhaimin kepada para pelaku seni. Para penerima bantuan, kata Bambang, berasal dari sanggar serta pelaku seni tradisional yang terdampak langsung pandemi.

"Para pelaku seni adalah salah satu yang paling terdampak pandemi COVID-19. Job mereka sulit, otomatis penghasilan juga susah. Jadi Gus Muhaimin merasa mereka inilah yang harus dibantu. Makanya kita salurkan ribuan paket sembako untuk mereka yang kami salurkan lewat Padepokannya pak Kirun," ujar Bambang.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT