TNI Kirim Bantuan Atasi COVID di Kalimantan: 14 Nakes-100 Konsentrator

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 01:23 WIB
14 nakes perwira pertama TNI dikirim ke Kalimantan untuk bantu atasi COVID-19
Foto: 14 nakes perwira pertama TNI dikirim ke Kalimantan untuk bantu atasi COVID-19 (dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan agar penanganan COVID-19 di Kalimantan dibantu. Atas dasar perintah tersebut, TNI mengirimkan 14 tenaga kesehatan perwira TNI dan 100 mesin konsentrator oksigen ke Kalimantan.

Berdasarkan keterangan tertulis Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Rabu (4/8/2021), daerah yang menjadi sasaran bantuan ini adalah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan (Kalsel); Kota Tarakan di Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur (Kaltim). 14 personel tenaga kesehatan yang berangkat merupakan Perwira Pertama Kesehatan Abituren Pendidikan Pertama Prajurit Perwira Karier (Dikmapa PK) TNI Tahun Ajaran 2021.

"Sesuai dengan Undang-Undang TNI, COVID-19 ini adalah salah satu ancaman yang bisa mengganggu stabilitas negara serta kedaulatan negara. Oleh karena itu, wajib hukumnya TNI untuk berpartisipasi di dalam penanggulangan pandemi COVID-19," kata Kabid Yankesin Puskes TNI, Kolonel Laut (K) R.M. Tjahja Nurobbi mewakili Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono kepada para nakes.

"Untuk itu, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, karena tugas itu pada hakikatnya adalah kepercayaan pimpinan. Kalian sudah dipercaya untuk melaksanakan tugas karena pimpinan telah menilai kinerja kalian, baik selama kalian di pendidikan, di penugasan di Wisma Atlet dan Kodam III/Siliwangi," sambung dia.

Tjahja Nurobbi juga berpesan agar para nakes berkoordinasi dengan baik selama masa penugasan ini. "Kalian harus bersyukur dan bangga. Laksanakan koordinasi sebaik-baiknya dengan instansi terkait, baik itu dengan Kodam, Kesdam, maupun instansi lain di luar TNI, Pemerintah Daerah, Kecamatan, Kabupaten dan lain sebagainya," pungkas Tjahja.

Dari 14 Tenaga kesehatan perwira ini, dua orang ditempatkan di Kota Banjarmasin, dua orang di Kota Banjarbaru, 5 orang di Kota Tarakan, dan 5 orang sisanya di Kabupaten Berau. Sementara 100 mesin konsentrator oksigen disebar 25 di Kota Banjarmasin, 25 di Kota Banjarbaru, 40 di Kota Tarakan dan 50 di Kabupaten Berau.

Selain Kalimantan, TNI juga mengirimkan 50 mesin konsentrator ke Kota Makassar. Baik 14 tenaga kesehatan perwira TNI dan ratusan mesin konsentrator oksigen diberangkatkan dengan Pesawat C-130 Hercules milik TNI AU dari Skadron 32 Malang melalui Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Simak berita pelatihan tracer terhadap 2.000 prajurit TNI dari 3 matra di halaman selanjutnya.