Polda Metro Ajak Warga DKI Beri Kado HUT RI dengan Sudah Divaksin

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 13:51 WIB
Program Vaksinasi Merdeka jelang HUT ke-76 RI (Dok.Polda Metro Jaya)
Program Vaksinasi Merdeka menjelang HUT ke-76 RI (Foto: dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus sudah di depan mata. Menyambut HUT ke-76 RI ini, Polda Metro Jaya mengajak warga Jakarta memberikan kado dengan cara sudah divaksinasi 100 persen.

"Harapan kami nanti 17 Agustus 2021 DKI Jakarta memberi kado kemerdekaan berupa seratus persen warganya sudah divaksinasi COVID-19," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ysuri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Upaya ini dilakukan untuk mencapai herd immunity. Diharapkan, 8 juta warga DKI Jakarta sudah divaksinasi 100 persen pada HUT RI 17 Agustus nanti.

Untuk mewujudkan target 100 persen tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membuat program 'Vaksinasi Merdeka' yang telah diluncurkan oleh Kapolri dan Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu. Program Vaksinasi Merdeka ini digelar dengan mendirikan 687 gerai vaksin di 900 RW di wilayah Jabodetabek.

"Ini sudah hari kelima Vaksinasi Merdeka berjalan kami ingin mempercepat vaksinasi COVID-19 yang menjadi program pemerintah," kata Yusri.

Program vaksinasi ini juga didukung oleh relawan dari mahasiswa, dokter, perawat, anak muda kreatif yang membangun berbagai platform.

Kolaborasi dengan TNI dan Pemprov

Yusri mengklaim program Vaksinasi Merdeka berjalan efektif dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19. Polda Metro Jaya mencatat 94,32 persen warga DKI Jakarta sudah divaksinasi sejak program itu berjalan pada 1 Agustus 2021.

"Data terbaru pada hari kelima, warga DKI Jakarta yang telah divaksinasi COVID-19 dosis pertama 94,32 persen," ujar dia

Polda Metro Jaya berkolaborasi dengan Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat pemenuhan target. Yusri mengajak masyarakat sama-sama berjuang melawan COVID-19, salah satunya dengan vaksin.

Untuk meningkatkan minat masyarakat dalam vaksin COVID-19, polisi bersama TNI dan Pemprov DKI memberikan voucher gratis bagi ojek online.

"Kami berikan juga voucher gratis yang disponsori salah satu perusahaan ojek online," imbuhnya.

Sementara masyarakat dimudahkan melakukan vaksinasi karena lokasi vaksinasi kini ada di lingkungan RW. Selain itu, syarat vaksinasi juga dipermudah hanya dengan membawa KTP saja.

(ygs/mea)