6 Helikopter TNI AU Bolak-balik di Langit Bogor, Ada Apa?

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 13:01 WIB
6 Helikopter TNI AU terbang berriringan di langit Bogor
Enam helikopter TNI AU terbang beriringan di langit Bogor. (Herianto Batubara/detikcom)
Jakarta -

Enam unit helikopter TNI AU terbang beriringan di langit Bogor. Dua di antaranya membawa bendera besar berwarna merah.

Pantauan detikcom, Kamis (5/8/2021), pada bendera besar itu terdapat lambang TNI. Di bawah lambang TNI, terdapat lambang 3 matra TNI, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Enam helikopter itu terbagi menjadi 2 formasi. Satu formasi terdiri dari 3 helikopter yang terbang berdekatan.

Pada masing-masing formasi, helikopter yang membawa bendera besar diapit dua helikopter lainnya. Helikopter yang membawa bendera tampak mengambil posisi lebih depan dari dua helikopter di kanan dan kirinya.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, saat dikonfirmasi detikcom, mengatakan 6 helikopter tersebut sedang berlatih untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, yang jatuh pada 17 Agustus mendatang.

6 Helikopter TNI AU terbang berriringan di langit BogorHelikopter VVIP TNI AU juga nampak ikut dalam latihan menjelang HUT RI ke-76 di langit Bogor. (Herianto Batubara/detikcom)

"Nanti yang dikibarkan pada hari-H adalah bendera merah-putih," ucap Indan.

Di antaranya juga ada dua helikopter bercat merah-putih. Heli tersebut adalah heli yang dipergunakan untuk kalangan very very important person (VVIP).

"Heli NAS 332 Super Puma L1 (dari) Skadron Udara 45 Wing 1 Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma. Heli untuk angkut VVIP (semisal, red) Presiden, Wapres, dan tamu negara setingkat presiden/kepala negara," kata Indan.

Soal helikopter dengan tampilan merah-putih tersebut, Indan menerangkan pengecatan sudah direncanakan sejak 2019. Ada 5 helikopter VVIP yang dicat merah-putih.

"Direncanakan 2019, mulai cat 2020. Saat ini kelima heli tersebut sudah dicat dengan livery merah putih," jelas Indan.

Tonton juga Video: Heboh TikToker Sebut Helikopter Bawa Bendera China, Ini Faktanya

[Gambas:Video 20detik]



(aud/hri)