Genjot Vaksin COVID-19, Polisi Tambah Nakes-Buka Gerai Vaksinasi di Masjid

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 12:59 WIB
Polisi genjot vaksinasi merdeka jelang HUT Kemerdekaan RI
Vaksinasi COVID-19 di Condet, Jaktim (Yogi/detikcom)

Vaksinasi di Masjid

Dalam kesempatan berbeda, Polres Metro Jakarta Barat bekerja sama dengan ormas NU, GP Ansor, Depag, dan siswa tingkat SMP dan SMA wilayah Jakarta Barat menggelar Vaksinasi Merdeka berbasis komunitas di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo menyebut pemilihan lokasi Masjid Raya sebagai bentuk kolaborasi lintas elemen dalam menghadapi pandemi.

"Ini adalah program kolaborasi yang kami lakukan bersama pemerintah, TNI, dan seluruh unsur masyarakat, ormas," kata Ady dalam keterangannya.

Selain itu, lokasi masjid yang luas dan dekat dengan permukiman warga jadi lokasi strategis untuk warga menyambangi lokasi.

"Ini jadi strategi untuk bisa memperbanyak gerai-gerai vaksin. Tidak saja di puskesmas, tapi kita sebar hampir ke seluruh RW yang jadi target Vaksinasi Merdeka," ujar Ady.

Polisi genjot vaksinasi merdeka jelang HUT Kemerdekaan RIMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengecek vaksinasi di Jakbar. (Foto: dok. istimewa)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno turut hadir dalam acara tersebut. Dia mengaku mendukung vaksinasi di Masjid KH Hasyim Asy'ari.

"Saya akan terus hadir di sentra vaksinasi untuk dorong program vaksinasi agar capai kekebalan komunal. Jakarta duduki peringkat pertama, tapi jangan lengah, karena seperti di New York dan London begitu lengah naik lagi. Jadi vaksinasi benteng pertama," kata Sandi.

Vaksinasi di lokasi tersebut sudah digelar selama dua hari. Pertama pada 8 Juli 2021 dengan 1.000 dosis pertama dan dilanjutkan tanggal 5 Agustus 2021 sebanyak 1.300 dosis kedua dan 300 dosis pertama.


(ygs/mea)