Polres Jaksel Luncurkan Vaksin Merdeka Mobile, Bisa Layani Vaksin Malam Hari

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 00:11 WIB
Polres Jaksel luncurkan vaksin merdeka mobile (Dok.Polres Jaksel)
Foto: Polres Jaksel luncurkan vaksin merdeka mobile (Dok.Polres Jaksel)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan meluncurkan mobil 'vaksin merdeka mobile' untuk mendukung percepatan vaksin COVID-19 dalam upaya mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Dengan adanya vaksin mobile ini petugas akan jemput bola dalam melakukan vaksinasi ke warga.

"Total ada 5 kendaraan roda empat dengan 2 tim nakes dan 1 Unit Resmob," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Aziz Andriansyah dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Menurut Aziz, mobil vaksin merdeka mobile ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi warga yang belum terjangkau vaksin. Nantinya mobil vaksin ini akan keliling dalam melakukan vaksinasi kepada warga yang belum mendapatkan vaksin.

Selain itu, lewat fasilitas itu Aziz mengatakan pihaknya juga membuka vaksinasi pada malam hari.

"Berfungsi melayani vaksinasi pada malam hari untuk masyarakat yang mungkin hanya memiliki waktu pada malam hari karena pagi sampai sore hari mereka bekerja," terang Aziz.

Vaksin merdeka mobile ini pun diharapkan bisa menjangkau warga di daerah slum area atau daerah yang masih banyak warganya belum terjangkau vaksinasi COVID-19.

"Melayani vaksinasi komunitas yang ada di wilayah Jakarta Selatan serta melayani vaksinasi insidentil apa bila dibutuhkan. Lalu melaksanakan vaksinasi di tempat- tempat yang sulit dan belum tersentuh atau sulit dijangkau oleh tenaga kesehatan pada umumnya," papar Aziz.

(ygs/mea)