Kasus Corona Mingguan Turun 5%, BOR Ruang Isolasi dan ICU Melandai

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 19:02 WIB
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bed occupancy rate (BOR) di ruang isolasi dan ruang ICU rumah sakit menurun. Meski demikian, masih ada provinsi yang BOR-nya di atas 80 persen.

"Penggunaan tempat tidur di rumah sakit, dalam hal ini untuk ruang isolasi dan ICU tercatat mengalami penurunan yang signifikan. Akan tetapi perlu dilihat beberapa provinsi yang masih memiliki keterisian tempat rawat isolasi lebih dari 80 persen, yaitu Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Gorontalo," kata Nadia dalam konferensi pers, Rabu (4/8/2021).

Sementara itu, Nadia juga menyebutkan provinsi dengan tingkat BOR ruang ICU di atas 80 persen, yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten dan Kalimantan Timur. Nadia menyebut tren penurunan BOR adalah parameter yang baik.

"Tren penurunan penggunaan tempat perawatan, yang berarti BOR menurun menjadi salah satu parameter yang baik. Akan tetapi kita perlu identifikasi penyebab penambahan kematian yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir," tutur Nadia.

Selain BOR, Nadia menyebut jumlah kasus mingguan secara nasional dalam sepekan menurun 5 persen dibanding pekan sebelumnya. Meski demikian, masih ada provinsi yang melaporkan kenaikan kasus lebih dari 50 persen dibanding hari sebelumnya, yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

"Adapun jumlah kematian minggu ini bertambah 28 persen dibandingkan minggu sebelumnya, dan ini merata di 28 provinsi di Indonesia. Penambahan jumlah kematian mingguan ini kita lihat lebih dari 50 persen terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan," papar Nadia.

Masih terkait provinsi dengan jumlah kematian mingguan lebih dari 50 persen, lanjut Nadia, terjadi di Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

(aud/knv)