Disdik DKI: PAUD di Cipayung Gelar Tatap Muka karena Tekanan Ortu Murid

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 17:58 WIB
Ilustrasi antar anak sekolah
Ilustrasi anak berangkat sekolah (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah raudatul atfhal atau setara dengan taman kanak-kanak (TK) di Cipayung, Jakarta Timur, nekat menggelar pembelajaran tatap muka di masa PPKM level 4. Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan pihak sekolah didesak oleh orang tua siswa.

"Alasannya tekanan dari orang tua ingin anaknya belajar di sekolah. Pihak sekolah bimbang sepertinya memutuskannya dan dia coba-coba gitu, tapi ternyata ada saja masyarakat yang mengadu," kata Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

Pihak sekolah yang terus-terusan mendapat tekanan dari orang tua akhirnya memutuskan membuka sekolah selama 10 hari. Kegiatan tersebut kemudian diadukan oleh masyarakat.

Tim pengawas dari Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta turun tangan. Investigasi dilakukan tim dari Kanwil Kemenag DKI.

"Iya, RA itu setingkat TK. Cuma di bawah koordinasi Kemenag Kanwil DKI Jakarta. Sudah ditindak, sudah diinvestigasi oleh pengawas RA," jelasnya.

Pengelola sekolah disebut mengakui kesalahan dan memutuskan memberhentikan kegiatan pembelajaran tatap muka. Kegiatan belajar-kembali digelar secara daring.

"Pihak sekolah mengakui kesalahan dan segera tidak meneruskan PTM tersebut untuk tidak belajar daring dan online," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) di Cipayung, Jakarta Timur, menggelar pembelajaran tatap muka di masa PPKM level 4. Satpol PP turun tangan.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan awalnya pihaknya mendapatkan aduan dari masyarakat. Tak hanya itu, aduan juga disertai oleh foto-foto beserta dokumen terkait.

Belakangan, diketahui ternyata sekolah ini berupa raudatul atfhal (RA) atau setara dengan TK.

"Iya. Informasi dari masyarakat seperti itu," kata Budhy saat dimintai konfirmasi, Rabu (4/8)

Budhy menjelaskan Satpol PP langsung mengecek ke lokasi serta menemui pengelola sekolah. Meskipun saat dicek tidak ada kegiatan tatap muka, Satpol PP tetap memberikan teguran tertulis kepada sekolah tersebut.

Simak video 'Pemprov DKI Akan Proses Sekolah yang Gelar Tatap Muka saat PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)