63 KK Mengungsi Akibat Kebakaran di Karet Tengsin Jakpus

Athika Rahma - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 17:19 WIB
Lokasi pengungsian kebakaran Karet Tengsin, Jakpus
Lokasi pengungsian kebakaran Karet Tengsin, Jakpus (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran yang terjadi di RT 10 dan 11, RW 07, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, melalap setidaknya 22 rumah warga. Sebanyak 177 jiwa yang terdiri atas 63 keluarga terpaksa mengungsi.

Pengungsian bagi para korban terletak di pelataran Masjid Al-Ikhas, Jalan Karet Pasar Baru Barat I, Karet Tengsin. Di sini, pengungsian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu warga pengungsi dari kebakaran di RT 11 RW 07 dan dari RT 10 RW 07.

"Ya jadi di sini mengungsinya. Iya ini untuk jumlahnya di RT saya RT 10 segini (sambil menunjuk papan kertas berjumlah 108 jiwa), kalau yang ini RT 11 (sebanyak 69 jiwa)," ujar Ketua RT 10 Edi Nurdianto kepada detikcom saat ditemui di lokasi, Rabu (4/8/2021).

Menurut Edi, posko pengungsian ini akan digelar selama tiga hari, namun dapat diperpanjang hingga enam hari. Setelahnya, para pengungsi akan berpindah ke tempat lain.

Sementara itu, untuk pasokan makanan, kata Edi, warganya mendapat cukup banyak donasi dari berbagai pihak. Bantuan diberikan oleh pemerintah hingga organisasi kemanusiaan. Dari Pemprov DKI Jakarta, warganya kebagian jatah makan tiga kali sehari.

"Pakaian, selimut, aman. Kita yang penting masyarakat perut aman dulu. Urusan gimana betulin rumahnya, nanti kita pikirkan," katanya.

Edi belum bisa menaksir jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini. Dia menyebut banyak barang berharga warga yang hangus dilalap api.

Warga tampak beraktivitas di lokasi pengungsian ini. Salah seorang warga menyadari bahwa kebakaran tersebut adalah musibah.

"Namanya musibah, dan ini kan bencana, nggak ada yang salah, siapa pun," kata salah seorang warga bernama Tati.

Untuk diketahui, kebakaran terjadi di RT 10 RW 07, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (3/8). Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Beberapa hari sebelumnya juga terjadi kebakaran di RT 11 RW 07, Karet Tengsin. Kebakaran itu terjadi pada Sabtu (31/7) lalu.

Simak Video: Kebakaran di Karet Tengsin, 14 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)