Menengok Pesona Desa Penanggungan Mojokerto di Rumah Digital Indonesia

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 16:23 WIB
Desa Penanggungan
Desa Penanggungan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Hamparan sawah yang luas dan hijau akan menyapa siapa pun yang tiba di Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Hawa sejuk juga menambah daya tarik keindahan Desa Penanggungan.

Selain itu, pemandangan Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang menambah keindahan alam desa. Tak hanya itu, warga setempat juga menemukan air terjun di antara bebatuan besar, menjadi surga tersembunyi di kaki Gunung Penanggungan.

Warga menamakannya Coban Watu Gilang. Air terjun ini diharapkan jadi destinasi wisata unggulan Desa Penanggungan.

Tak hanya keindahan alamnya, kehidupan dan tradisi para petani juga menjadi pesona Desa Penanggungan. Para petani di sana masih menggarap sawah dengan alat tradisional, yakni cangkul dan kerbau atau sapi. Demikian pula saat panen.

Petani Desa Penanggungan juga punya tradisi takon dino, yaitu ketika petani bertanya kepada sesepuh desa mengenai waktu yang tepat untuk menggarap sawah. Sesepuh desa menggunakan perhitungan Jawa berdasarkan primbon untuk menentukan waktu yang tepat.

Desa PenanggunganDesa Penanggungan (Foto: Istimewa)

Setelah mendapatkan waktu yang tepat, para petani mulai membajak sawah dan menanam padi sambil berdoa agar tanah yang digarap itu subur.

Penasaran dengan pesona Desa Penanggungan? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Kamu bisa memilih peta dan klik Ruang Literasi Digital, lalu pilih Ruang Komunitas. Video pesona Desa Penanggungan bisa kamu tonton di Cerita Indonesia.

Jangan lupa tulis pesona Desa Penanggungan di catatanmu sebagai salah satu destinasi wisata yang akan kamu kunjungi setelah pandemi nanti.

Selain pesona Desa Penanggungan, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja. Yuk, segera kunjungi RDI!

(knv/tor)