Mengenal Tokoh-tokoh Kemerdekaan Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 14:23 WIB
Cuplikan video tokoh-tokoh kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia (Foto: Istimewa)
Foto: Cuplikan video tokoh-tokoh kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Rumah Digital Indonesia menjadi wadah untuk merayakan Bulan Kemerdekaan. Melalui Rumah Digital Indonesia, warga pun bisa belajar mengenai tokoh-tokoh kemerdekaan.

Banyak tokoh kemerdekaan yang diperkenalkan di Rumah Digital Indonesia. Mulai Moh Yamin, Maria Maramis, RE Martadinata, Ki Hajar Dewantara, Sultan Syarif Hasyim, KH Hasyim Ashari, KH Ahmad Dahlan, Keumalahayati, HOS Tjokroaminoto, Agus Salim, Djuanda Kartawidjaja, dan masih banyak lainnya.

Lewat video, sosok tokoh-tokoh sejarah itu diperkenalkan. Video itu juga menampilkan sketsa-sketsa tokoh-tokoh tersebut, sehingga membuat warga yang menonton bisa mengenal lebih jauh lagi.

detikcom pun mencoba ikut belajar mengenal tokoh-tokoh kemerdekaan yang disuguhkan Rumah Digital Indonesia. Ternyata, caranya mudah untuk mengakses video-video yang ada. Cukup masuk ke www.rumahdigitalindonesia.id, kemudian klik peta, dan pilih Ruang Literasi Digital. Di ruang literasi digital, pilih Ruang Komunitas dan kemudian klik Cerita Indonesia.

Di ruang Cerita Indonesia itu, banyak video yang disuguhkan. Kita pun cukup memilih mana tokoh bangsa yang ingin kita kenal. detikcom pun memilih tokoh pendidikan asal Minahasa, Sulawesi Utara, Maria Maramis.

Video dimulai dengan narasi yang memperkenalkan sosok Maria Maramis, mulai masa kecil hingga siapa perempuan asal Minahasa itu. Video juga menceritakan perihal semangat juang Maria Maramis yang memperjuangkan nasib kaum perempuan, terutama di dunia pendidikan.

"Semangatnya untuk memajukan nasib wanita terus tumbuh meskipun harus mendobrak tradisi," tutur narator menceritakan soal Maria Maramis.

Narasi dalam video itu juga dikemas apik dan menarik dengan sketsa yang menggambarkan sosok Maria Maramis dan perjuangannya.

Dari Maria Maramis, detikcom kemudian menilik video di Rumah Digital Indonesia yang mengulas tokoh perjuangan nasional, Moh Yamin. Serupa dengan Maria Maramis, video tentang sosok penyusun ikrar Sumpah Pemuda ini juga dikemas dengan apik dan menarik.

Dari video itu, detikcom menjadi lebih mengenal sosok dan perjuangan Moh Yamin. Termasuk mengenai Moh Yamin yang berperan penting dalam menggagas wilayah Indonesia dan merumuskan Pancasila.

"Dalam Sidang BPUPKI, Yamin adalah tokoh yang berperan penting dalam menggagas wilayah Indonesia dan merumuskan Pancasila. Ia bahkan dipercaya sebagai orang yang menemukan istilah Pancasila," tutur narator.

Bagi yang ingin mengenal sosok-sosok tokoh kemerdekaan Indonesia lainnya, yuk segera kunjungi www.rumahdigitalindonesia.id.

Apresiasi Jokowi untuk Rumah Digital Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Rumah Digital Indonesia (RDI) yang diluncurkan dalam rangka merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia. Jokowi mengatakan Rumah Digital Indonesia merupakan wadah untuk menyemarakkan kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita merayakannya dengan cara yang berbeda. Kita akan lebih merayakannya dalam dunia virtual yang kita sebut Rumah Digital Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Seluruh warga Indonesia bisa berpartisipasi aktif dengan melakukan berbagai kegiatan di Rumah Digital Indonesia, seperti bermain lomba khas 17-an hingga menikmati berbagai kesenian dan budaya khas daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa berinteraksi, berbelanja produk UMKM dari 34 daerah. Selain itu, warga bisa bergotong royong membantu sesama melalui ruang-ruang di Rumah Digital Indonesia.

"Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan bulan kemerdekaan," kata Jokowi.

(mae/imk)