Vaksinasi Dosis Kedua DKI Masih 2,8 Juta, Pemprov Tambah Sentra Vaksin

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:38 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi Vaksin (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon770
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah langkah untuk menggenjot program vaksinasi dosis kedua di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan menambah jumlah tenaga kesehatan hingga sentra vaksinasi COVID-19.

"Tentu kita akan tambah terus, menambah tenaga kesehatan dan juga menambah sentra-sentra vaksin," kata Riza kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Saat ini, capaian vaksinasi dosis kedua di Jakarta baru 2.865.036 dosis yang disuntikkan ke warga. Padahal, untuk dosis pertama sudah menembus 7,8 juta dosis.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng pihak swasta hingga organisasi masyarakat (ormas), khususnya dalam menyediakan layanan vaksinasi COVID-19.

"Selain TNI-Polri, juga banyak komunitas swasta yang membantu. Organisasi masyarakat, tempat-tempat peribadatan, swasta, kemudian juga dari Kadin, Apindo, semuanya terlibat aktif, semuanya membantu pelaksanaan vaksin," ujarnya.

Politikus Gerindra itu juga mengimbau orang tua membawa anaknya yang berusia 12-17 tahun ke sentra vaksinasi COVID-19. Riza mengatakan vaksin efektif melindungi anak-anak dari paparan virus Corona.

"Tugas kita orang tua harus bisa memastikan keluarga terutama anak-anak kita mendapatkan vaksin untuk memastikan peningkatan kekebalan tubuh agar terhindar dari COVID-19," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI ditargetkan Presiden Jokowi untuk bisa melakukan vaksinasi ke 7,5 juta warga hingga Agustus. Dan, per akhir Juli lalu, 7,5 juta dosis telah dicapai baru dosis pertama.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan sudah angkat bicara soal target vaksin itu. Anies bangga target Jokowi bisa lebih cepat dicapai.

"Pada tanggal 14 Juni yang lalu, Bapak Presiden memberikan target 7,5 juta vaksinasi dosis pertama di Jakarta yang harus tuntas di akhir bulan Agustus," kata Anies dalam keterangan lewat kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Anies bersyukur target itu tercapai. Sebanyak 7,5 juta orang telah mendapat vaksin virus Corona dosis pertama pada pengujung Juli ini.

(yld/yld)