detikcom Do Your Magic

Sempat Terganggu, Air PAM di Cakung Barat Jaktim Sudah Lancar

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 13:15 WIB
Saluran air di Jl Tipar Cakung, Cakung Barat Jakarta Timur yang sempat bermasalah kini sudah diperbaiki. Proyek galian got yang jadi penyebab masalah pun sudah selesai dikerjakan.
Saluran air di Jl Tipar Cakung, Cakung Barat, Jakarta Timur, yang sempat bermasalah kini sudah diperbaiki. Proyek galian got yang jadi penyebab masalah pun sudah selesai dikerjakan. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sambungan pipa air perusahaan air minum (PAM) di Cakung Barat, Jakarta Timur, sempat mengalami gangguan. Kini air PAM sudah kembali mengalir normal.

Salah satu lokasi yang terdampak adalah di Jl Tipar Cakung, Cakung Barat. Aliran air sempat mampet karena adanya proyek pembangunan got. Kini di lokasi sudah tidak ada galian. Pembangunan got pun sudah selesai dikerjakan.

Salah satu warga RW 07 di Jl Tipar Cakung bernama Nia mengatakan saluran air PAM di rumah miliknya kini sudah dapat mengalir dengan lancar. "Alhamdulillah udah lancar. Udah nggak ada masalah lagi. Sekarang udah bisa pakai pompa yang di belakang, nggak mesti ngalirin pakai selang lagi," ujar Nia saat ditemui detikcom Do Your Magic di kediamannya, Rabu (4/8/2021).

Diketahui, saluran air PAM di rumah Nia dapat mengalir lancar sejak Juni lalu. "Udah (lancar), ya kurang-lebih sebulan kemarin udah nggak ada masalah," kata Nia.

Warga RW 07 lainnya, Hariyati, yang merupakan tetangga Nia, juga mengungkapkan hal serupa. Kini saluran air PAM di rumahnya sudah tidak mengalami gangguan.

"Alhamdulillah, sudah lancar, sudah nggak ada masalah lagi kalau air," ucap Hariyati.

Selain itu, permasalahan air PAM sebelumnya dialami warga di Rusun Km 2 Cakung. Namun, saat ini permasalahannya tersebut sudah dapat diatasi. Kerusakan akibat bocornya pipa air di dalam proyek jalan tol. Kini kebocoran itu telah diperbaiki.

Slamet, salah satu warga Rusun Km 2 Cakung, menyebut kini permasalahan tersebut sudah tidak dirasakan. Air di tempatnya tinggal kini sudah mengalir dengan lancar.

"Betul, udah lancar nih (air) sekarang," kata Slamet.

Dirinya menuturkan kerusakan saluran air PAM kini sudah tidak pernah terjadi lagi. Diketahui, air PAM di Rusun Km 2 Cakung sudah dapat mengalir dengan normal sejak satu bulan terakhir.

"Alhamdulillah sejauh ini lancar, ya seminggu sejak ada masalah itu sampai saat ini belum ada masalah lagi," ungkap Slamet.

Seperti diketahui, gangguan air PAM di Cakung Barat disebut terjadi Senin (6/6/2021). Hal ini membuat masyarakat yang terdampak mengeluh karena air mati.

Salah seorang warga di Jl Tipar Cakung, Jaktim, RT 3 RW 5 bernama Nia (29) mengaku air PAM tidak mengalir sejak Senin (7/6). Dia terpaksa menggunakan selang terpisah yang disambungkan dengan aliran air PAM di lokasi lain.

Kemudian, warga Rusun Km 2 Cakung, Cakung Barat, harus rela menunggu semalaman untuk dapat menampung air yang mengalami kerusakan pada saluran PAM.

"Air itu sebenarnya ngalir, tapi sangat sedikit. Selama terjadinya kerusakan, bahkan itu harus ditunggu sampai semalaman, pas pagi dialirin ke rusun itu cuma tahan 10 menit," kata salah seorang warga rusun Slamet saat ditemui detikcom di Rusun Cakung Km 2 di Jl Raya Bekasi, Cakung, Jaktim, Jumat (11/6).

(aik/aik)