Longsor di Polewali Mandar, Akses Jalan Penghubung 2 Kecamatan Terputus

Abdy Febriady - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 13:14 WIB
Polewali Mandar -

Tanah longsor terjadi di Kabupaten Polewali Mandar. Akibatnya, akses jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Bulo dan Kecamatan Matangnga di Kabupaten Polewali Mandar terputus hingga melumpuhkan aktivitas warga.

Peristiwa tanah longsor terjadi di Jalan Poros Matangnga, Desa Sabura, Kecamatan Bulo, Selasa (3/8) sekira pukul 19.00 Wita. Longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur daerah ini sejak dua hari lalu.

"Kemarin sore, sekitar jam tujuh, habis Magrib. Hujan lama baru deras. Akses terputus, mobil dan motor tidak bisa lewat," kata salah satu aparat Desa Sabura, Darek, di lokasi tanah longsor, Rabu (4/8/2021).

Selain akses jalan yang terputus, aliran listrik pada ratusan rumah warga di daerah ini juga terputus. Terputusnya aliran listrik warga itu akibat dua tiang listrik tumbang tertimpa material longsor.

"Listrik juga mati, karena ada dua tiang listrik yang tumbang," ungkap Darek.

Kendati peristiwa tanah longsor ini tidak menimbulkan jatuhnya korban, Darek mengaku resah lantaran hingga saat ini kondisi cuaca masih buruk dan berpotensi menyebabkan terjadinya longsor susulan. Apalagi sejak hujan terus mengguyur, sejumlah retakan terjadi pada tanah tebing di sisi jalan.

"Kami berharap pemerintah segera melakukan upaya penanganan mengantisipasi longsor susulan. Termasuk mengirim alat berat untuk membersihkan material longsor, agar aktivitas warga berjalan normal kembali," kata Darek.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jalan yang terputus akibat longsor tertutup material tanah berlumpur sepanjang 20 meter dengan ketinggian 3 meter.

Pengguna jalan yang ingin melanjutkan perjalanan pun harus berjalan ekstrahati-hati saat melintasi longsoran yang berbatasan dengan jurang, lantaran kondisinya becek dan licin.

Pengguna roda dua yang ingin melintas harus meminta bantuan warga setempat untuk memikul sepeda motornya melewati tanah longsor dengan upah Rp 10 ribu untuk satu sepeda motor.

(mae/mae)