Diterjang Banjir, Jembatan Gantung di Polewali Mandar Ambruk

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 02:28 WIB
Screenshot video
Foto: Screenshot video
Polewali Mandar -

Sebuah jembatan gantung di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ambruk diterjang banjir. Peristiwa itu terekam video milik warga.

Jembatan gantung itu terletak di Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar. Ambruknya jembatan gantung tu terjadi pada Rabu (13/1) sore.

"Jadi yang pertama, memang akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, awal-awal kita sudah mengimbau masyarakat untuk antisipasi (banjir) dan hari ini benar-benar terjadi," kata Dandim 1402/Polmas Letkol Hari Purnomo, kepada wartawan di kantornya, Rabu malam.

Selain menghancurkan jembatan gantung, banjir turut merendam ratusan rumah warga. Hari mengatakan longsor juga terjadi di Desa Kalimbua, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Yang pertama itu adalah tanah longsor di Desa Kalimbua, memutus jalan penghubung antar, kemudian ada lima rumah terdampak tertimbun tanah longsor, alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya.

Hari mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya berada di lereng bukti dan sungai untuk waspada. Hal itu mengantisipasi adanya banjir atau longsor susulan.

"Kembali saya ingatkan kepada masyarakat Kabupaten Polman yang rumahnya ada di lereng perbukitan , kemudian yang rumahnya berada di aliran sungai untuk waspada, mengantisipasi tanah longsor susulan atau banjir bandang susulan, sehingga mereka dapat mengantisipasi sehingga tidak terjadi korban jiwa," katanya.

(man/man)