Jadi Pangdam Siliwangi, Begini Kiprah Mayjen Agus Saat Jadi Danpaspampres

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 11:54 WIB
Mayjend Agus Subiyanto saat dilantik menjadi Danpaspampres (Puspen TNI)
Mayjen Agus Subiyanto saat dilantik menjadi Danpaspampres. (Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi. Danpaspampres Mayjen Agus Subiyanto kini menjabat Pangdam Siliwangi. Sosok Mayjen Agus sempat mencuat saat ada cekcok antara polisi dan anggota Paspampres saat pemberlakuan PPKM darurat.

Mayjen Agus, yang lahir pada 5 Agustus 1967, merupakan lulusan Akmil tahun 1991. Lulus dari Akmil, dia langsung berkarir di korps baret merah atau Kopassus. Dia memegang amanah sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus.

Mayjen Agus juga pernah ditugasi menjadi Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta. Mayjen Agus kemudian ditugaskan mengisi berbagai tempat, mulai Wakil Asops Divisi 2 Kostrad (2011), Asops Kasdam I/Bukit Barisan (2014), Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya (2017), Komandan Korem 132/Tadulako (2017), dan Wadanpussenif Kodiklatad (2019).

Agus resmi menyandang pangkat Mayjen saat ditunjuk menjadi Komandan Paspampres (Danpaspampres) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020).

Nama Mayjen Agus sempat mencuat saat ada cekcok antara petugas PPKM darurat dan anggota Paspampres Praka IG. Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan ada beberapa hal yang mengakibatkan masih ada masalah di lapangan saat penyekatan PPKM darurat. Salah satunya petugas lapangan belum paham benar aturannya.

"Aturan PPKM darurat belum dipahami petugas di lapangan tentang sektor esensial, non-esensial, kritikal," kata Mayjen Agus kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Tak hanya itu, Mayjen Agus juga aktif menggelar program vaksinasi untuk keluarga anggota Paspampres dan masyarakat. Salah satunya lewat gerai vaksinasi di Markas Komando (Mako) Gambir, Jakarta Pusat.

Saat menjadi Danpaspampres, Mayjen Agus juga kerap menemani Jokowi melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Misalnya saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau untuk mengecek pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Kini Mayjen Agus menjadi Pangdam Siliwangi. Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia sebagai dalam keterangan tertulis dari Puspen TNI, Selasa (3/8/2021). Mutasi ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir serta pengoptimalan tugas-tugas TNI.

Tonton juga Video: Panglima TNI Kerahkan 63 Ribu Prajurit Jadi Tracer Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/fjp)