Perjalanan Kasus Dugaan Penipuan Anak Akidi Tio di Polda Metro hingga Dicabut

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 11:16 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)

Penyelidikan pun dimulai dengan memanggil JBK sebagai pelapor dan sejumlah saksi ahli. Hasilnya, polisi menetapkan kasus itu naik ke tingkat penyidikan.

Polisi lalu memanggil Heryanty Tio sebagai pihak terlapor. Namun dari dua kali panggilan kepolisian yang dilayangkan pada Agustus dan September 2020, Heryanty Tio mangkir dari panggilan polisi.

Surat untuk menjemput Heryanty Tio pun telah dikeluarkan polisi pada November 2020. Perintah penjemputan itu tertera dalam surat dengan nomor SP.Bawa/387/XI/RES.1.11./2020/Ditreskrimum.

Pelapor Cabut Laporan

Namun, satu tahun berselang, pelapor justru mencabut laporannya kepada Heryanty Tio pada 28 Juli 2021. Pelapor mengaku Heryanty telah mengembalikan uang Rp 1,3 miliar miliknya secara bertahap.

"Pengakuan dari pelapor sendiri mengakui dari Rp 7,9 miliar ini sudah dikembalikan Rp 1,3 miliar secara bertahap kepada pelapor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (3/8).

Hingga kini belum diketahui alasan jelas atas pencabutan laporan Heryanty tersebut. Polisi dalam waktu dekat akan memanggil JBK sebagai pelapor untuk diklarifikasi.

"Ini yang kemudian sekarang ini penyidik akan mengklarifikasi lagi si pelapor. Rencana akan kita undang untuk klarifikasi lagi. Apa motif dari si pelapor ini mencabut laporannya," jelas Yusri.


(mei/fjp)