Round-Up

6 Fakta Kantor LRT Dilalap Api di Jakarta Utara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 22:05 WIB
Ilustrasi kebakaran
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Terjadi kebakaran di kantor Stasiun LRT Pintu Dua, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (3/8/2021) pagi. Sebelum terjadi kebakaran, sempat terdengar bunyi ledakan.

Diduga, kebakaran tersebut terjadi akibat adanya pengisian nitrogen pada AC yang berada di lantai 4 kantor MCC Depo LRT Jakarta. Berikut ini fakta-fakta terkait kebakaran di kantor LRT itu.

1. Kebakaran Terjadi di Lantai 4 Kantor LRT

Kebakaran disebut menghanguskan lantai 4 kantor tersebut. Peristiwa kebakaran itu diinformasikan Damkar DKI Jakarta, Selasa (3/8/2021). Damkar DKI mengungkapkan kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 09.14 WIB.

"Kebakaran yang menghanguskan lantai 4 kantor LRT dilaporkan terjadi pada pukul 09.14 WIB," tulis Damkar melalui akun Twitter-nya sekitar pukul 11.30 WIB.


2. Sempat Terdengar Suara Ledakan

Sebelum kebakaran terjadi, sempat terdengar suara ledakan di lokasi kebakaran.

Peristiwa kebakaran itu dilaporkan sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (3/8/2021). Kapolsek Kelapa Gading AKP Rio Mikael Tobing mengatakan mulanya pihaknya mendapatkan laporan terdengar bunyi ledakan yang diikuti dengan keluarnya asap dari kantor LRT.

"Tadi kita mendapatkan laporan sekitar pukul 09.00 WIB bahwa ada bunyi ledakan yang berakhir dengan adanya keluar asap dari gedung MCC lantai 4 Depot LRT Jakarta Pegangsaan Dua, Kelapa Gading," ungkap Rio kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).


3. Tim Gegana Diterjunkan

Lantaran terdengar suara ledakan, pihak kepolisian pun langsung melakukan koordinasi dengan Tim Gegana. Selanjutnya, dilakukan penyisiran dan pengamanan di sekitar lokasi kebakaran.

"Karena ini kita mendapatkan informasi dari saksi bahwa awalnya ada ledakan. Jadi, kami sesuai dengan SOP, harus koordinasi dengan Gegana untuk melakukan penyisiran terlebih dahulu apakah ditemukan benda-benda mencurigakan lainnya," kata Rio.

Setelah dilakukan penyisiran, pihak Gegana dan kepolisian tidak menemukan adanya benda mencurigakan di sekitar lokasi kebakaran.

"Namun, tadi setelah dilakukan penyisiran oleh Gegana, hasilnya tidak ada benda-benda mencurigakan lainnya ditemukan di TKP," ucap Rio.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.