Daftar 7 Sholawat yang bisa Dibaca saat Berdoa pada Allah SWT

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 20:56 WIB
berdoa
Foto: Getty Images/Rifka Hayati/Daftar 7 Sholawat yang bisa Dibaca saat Berdoa pada Allah SWT.
Jakarta -

Bacaan sholawat Nabi SAW memberi banyak keuntungan pada muslim jika rutin dibaca tiap saat. Salah satunya sebagai sarana tawassul kepada Allah SWT. Tawassul adalah wasilah yaitu segala sesuatu yang bisa mendekatkan pada hal lainnya, yang merujuk pada Allah SWT.

"Apakah boleh tawassul dengan sholawat? Sangat boleh. Asal tawassul dilakukan dengan takwa sesuai dengan surat Al-Maidah ayat 35," ujar Ustaz Adi Hidayat di channel YouTube Adi Hidayat Official.

Uztaz Adi menjelaskan, wujud takwa adalah amal sholeh yang dikerjakan dengan iman. Takwa bisa diterapkan dalam berbagai bentuk, salah satunya sholawat. Selanjutnya, takwa menjadi cara tercepat agar Allah SWT mengabulkan doa kita.

"Sholawat yang dimaksud adalah memohon pada Allah SWT melalui keutamaan NabiNya supaya kita juga mendapat anugerah. Sholawat bukan mendoakan Nabi SAW. Kita memohon dengan membawa nama Nabi Muhammad SAW, supaya diberi keutamaan seperti yang diperoleh NabiNya," ujar Ustaz Adi.

Keutamaan yang dimaksud bisa memiliki banyak wujud. Misal pengabulan doa, ampunan, hingga kemudahan menemukan solusi dalam hidup. Karena itu disarankan saat membaca sholawat, atau melakukan amal sholeh lain, disertai denggan doa. Keutamaan sholawat telah dijelaskan Rasullullah SAW dalam haditsnya:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).