detikcom Do Your Magic

'Before-After' Taman Jembatan Kota Paris yang Dulu Jadi Akses Tawuran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 16:04 WIB
Jakarta -

Jembatan Kota Paris di Johar Baru, Jakarta Pusat, telah disulap menjadi taman tertutup. Kebijakan itu diambil untuk mengatasi masalah jembatan tersebut yang dijadikan sebagai akses tawuran.

Diketahui, Jembatan Kota Paris yang menghubungkan Kelurahan Kampung Rawa, dengan Kampung Kota Paris (Kelurahan Tanah Tinggi), menjadi akses tawuran di dekat jembatan. Jembatan sempat ditutup dengan tembok pada 2017, tapi dirobohkan.

Warga sekitar sempat meminta Jembatan Kota Paris dirobohkan. Wacana tersebut sempat akan dilakukan, tapi harus ada proses penghapusan aset terlebih dahulu.

Namun Pemerintah Kota Jakarta Pusat akhirnya memilih tidak merobohkan jembatan tersebut. Pemerintah membuat taman di tengah jembatan, dan ruang terbuka hijau (RTH) di sisi jembatan sebelah Kota Paris.

Pembangunan taman dilakukan oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan, dibantu oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat. Petugas mulai membangun taman di Jembatan Kota Paris pada awal Mei 2021.

Perlu waktu untuk membangun taman di jembatan tersebut. Pada pertengahan Juli, perubahan fungsi jembatan itu disebut telah selesai. Kini jembatan itu bernama Taman Jembatan Persatuan. Proses selanjutnya hanya serah-terima dari pihak Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dengan pihak kelurahan.

Jembatan Kota Paris Johar Baru Jakarta Pusat jadi area tawuran.Jembatan Kota Paris Johar Baru Jakarta Pusat jadi area tawuran. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Jembatan tersebut memang tidak menghentikan 100 persen tawuran di sekitar lokasi. Namun intensitas tawuran di lokasi sudah berkurang.

Berikut ini perbandingan kondisi sebelum dan sesudah atau before-after taman di Jembatan Kota Paris.