Cek PeduliLindungi.id untuk Akses Sertifikat Vaksin 1, Ini Cara Mudahnya!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 13:37 WIB
Cek PeduliLindungi.id untuk Akses Sertifikat Vaksin 1, Ini Cara Mudahnya!
Cek PeduliLindungi.id untuk Akses Sertifikat Vaksin 1, Ini Cara Mudahnya! (Foto: dok ITDC)
Jakarta -

Website Pedulilindungi.id dapat diakses guna memperoleh sertifikat Vaksin 1. Selain mengejar target nasional, vaksinasi kini menjadi syarat berbagai kegiatan masyarakat di masa PPKM.

Vaksinasi COVID-19 kini sudah tersedia di berbagai tempat serta dapat diakses dengan mudah dan gratis. Tak hanya orang dewasa dan lansia, anak-anak berusia 12-17 tahun kini juga sudah mulai menerima vaksin.

Nantinya, masyarakat akan diberi sertifikat digital sebagai bukti telah melakukan vaksinasi. Pemberian sertifikat akan diberi dua kali sesuai dosis yang sudah diberikan.

Kunjungi Pedulilindungi.id untuk Akses Sertifikat Vaksin 1

Melansir dari situs Satgas COVID-19, untuk mengecek sertifikat vaksin pertama, bisa mengunjungi situs https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat. Pastikan kamu sudah memiliki akun.

Jika belum, berikut cara membuat akun di Pedulilindungi.id

1. Sebelum mengakses sertifikat vaksin 1, kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengklik 'buat akun' dan mengisi data diri yang diminta.

2. Setelah mengisi data diri, kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirim melalui e-mail atau nomor ponsel. Isi kode yang diminta dan akun PeduliLindungi sudah selesai dibuat.

Untuk mengecek sertifikat vaksin:

3. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung memasukkan nomor ponsel atau alamat e-mail di kolom yang diminta, kemudian klik 'login sekarang'

4. Kamu akan kembali diminta memasukkan kode OTP yang dikirim melalui e-mail atau nomor ponsel. Masukkan kode yang diminta dan lakukan verifikasi.

5. Kemudian akan muncul kolom pemeriksaan sertifikat vaksinasi COVID-19. Isi data diri yang diminta dengan lengkap. Kemudian klik 'periksa'

6. Sertifikat vaksinasi pertama dan kedua akan muncul di laman PeduliLindungi. Kamu bisa langsung mengklik dan mengunduh sertifikat sebagai syarat yang dibutuhkan untuk sejumlah kegiatan.

Syarat Sertifikat Vaksin untuk Perjalanan Darat

Akses Pedulilindungi.id untuk men-download sertifikat Vaksin 1 sudah dilakukan. Lalu bagaimana penggunaannya?

Diketahui pemerintah baru saja memperpanjang pelaksanaan PPKM level 4. Kebijakan berlaku mulai hari ini (3/8/2021) hingga 9 Agustus mendatang.

Salah satu kegiatan yang mensyaratkan sertifikat vaksin adalah perjalanan dengan transportasi darat. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. SE 56 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi COVID-19.

Untuk pelaku perjalanan jarak jauh menggunakan transportasi darat dan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Jawa dan Pulau Bali serta daerah yang ditetapkan sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan Level 3 wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama).

Adapun sertifikat vaksin tidak diwajibkan untuk sejumlah kondisi, yaitu:
1. Perjalanan di wilayah aglomerasi tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
2. Khusus pengemudi dan pembantu pengemudi kendaraan logistik tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin. Namun, pengemudi dan pembantu pengemudi kendaraan logistik harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.
3. Bagi pengemudi dan pembantu pengemudi yang belum melaksanakan vaksinasi diarahkan untuk melakukan vaksinasi oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 apabila tersedia di lokasi simpul transportasi darat.

(izt/dhn)