76 Warga Makassar Positif COVID Mulai Isoman di Kapal, Ada Bayi-Balita

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 19:45 WIB
Makassar -

Kapal milik PT Pelni KM Umsini mulai beroperasi untuk isolasi mandiri (isoman) warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang positif COVID-19. Total 76 warga yang mulai mengikuti program isoman apung ini, termasuk bayi hingga balita.

Pantauan detikcom, Senin (2/8/2021), para pasien itu dibawa ke Dermaga Peti Kemas Soekarno-Hatta, Kota Makassar, tempat KM Umsini bersandar. Pasien datang dengan menumpang mobil ambulans dari puskesmas tempat mereka tinggal.

Sebelum naik ke atas kapal, tampak para pasien tersebut lebih dulu mengikuti proses screening di area dermaga. Selanjutnya, sekitar pukul 17.00 Wita, para pasien mulai naik ke atas kapal didampingi para tenaga kesehatan (nakes) ber-APD lengkap.

KM Umsini mulai beroperasi untuk isolasi mandiri warga Makassar positif COVID-19.KM Umsini mulai beroperasi untuk isolasi mandiri warga Makassar positif COVID-19. (Hermawan/detikcom)

Terlihat para pasien tersebut beragam, dari orang dewasa, bayi, hingga ada pula balita. Setelah para pasien naik semua, KM Umsini mulai berlayar untuk lepas jangkar di perairan dekat Pulau Lae-lae yang jaraknya tak jauh dari Dermaga Peti Kemas, Makassar.

Evakuasi pasien ke KM Umsini ini turut disaksikan langsung oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Danny tampak ditemani Direktur Usaha Angkutan Perusahaan Penumpang PT Pelni OM Sodikin, Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam.

"Kalau tadi di Kapal, sudah tenang orang di Kapal ada 68 orang, terus 8 orang sedang menuju ke kapal pakai perahu kecil, jadi total ada sekitar 76 orang sekarang," kata Danny kepada wartawan.

KM Umsini mulai beroperasi untuk isolasi mandiri warga Makassar positif COVID-19.KM Umsini mulai beroperasi untuk isolasi mandiri warga Makassar positif COVID-19. (Hermawan/detikcom)

Danny mengatakan jumlah tersebut bakal terus bertambah. Sebab, ada 110 pasien yang terdaftar hari ini dari 47 puskesmas di Makassar, yang mana ada sebagian pasien yang mengalami keterlambatan.

"Tadi saya telepon di Dermaga, ada lagi yang baru tiba. Nggak papa, memang naik terus (angkanya)," kata Danny.

Bayi dan Balita Ikut Isoman di KM Umsini dari Klaster Keluarga

Danny juga menyinggung adanya pasien isoman yang masih bayi dan balita. Dia pun menyebut hal tersebut menjadi indikasi kuat adanya klaster keluarga.

"Bahwa kita lihat ada anak bayi berarti klaster keluarga begitu kuat," ungkap Danny.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.