Melihat Suasana Kapal Isoman Pasien COVID Makassar, Ada Tempat Mancing-ICU

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 18:25 WIB
Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar.
KM Umsini untuk isolasi pasien COVID di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto mengecek kesiapan kapal milik PT Pelni, KM Umsini, yang akan digunakan untuk isolasi mandiri (isoman) pasien positif COVID-19 bergejala ringan maupun orang tanpa gejala (OTG). Berbagai fasilitas disiapkan, dari tempat khusus untuk memancing hingga ruangan darurat ICU.

Pantauan detikcom pada Rabu (14/7/2021), Danny dan wakilnya, Fatmawati Rusdi Masse, meninjau KM Umsini yang tengah bersandar di area Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Tampak Danny-Fatma meninjau sejumlah fasilitas di KM Umsini dengan didampingi Direktur Usaha Angkutan Perusahaan Penumpang PT Pelni OM Sodikin.

Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar.Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar. (Hermawan/detikcom)

KM Umsini memiliki tiga lantai dan disebut berkapasitas sekitar 900 orang. Pada lantai dua, tepatnya di kelas ekonomi, terdapat tempat tidur mirip lesehan dilengkapi kasur. Area tempat tidur seperti ini disebut mampu menampung hingga 804 orang.

Sedangkan di lantai tiga, terdapat sejumlah kamar yang nantinya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes), seperti dokter dan perawat. Saat dipantau, setiap kamar sedikitnya mampu menampung tiga nakes.

Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar.KM Umsini tampak dari luar. (Hermawan/detikcom)

Seusai kunjungan, Danny menyebut KM Umsini sudah dapat difungsikan untuk isoman pasien COVID dalam sepekan ke depan. Saat ini kapal itu masih perlu waktu untuk disiapkan sejumlah kelengkapan, salah satunya fasilitas kesehatan.

"Pasti jelas (jaminan kelengkapan fasilitas kesehatan). Kemungkinan paling buruk emergency kita punya ruang emergency, misalnya untuk ruang ICU darurat ada, kami juga siapkan kapal-kapal kita, ada kapal BPBD kecepatan tinggi, nanti kita minta pertolongan juga dari Otoritas Pelabuhan. Nanti ini kita susun semua sebentar lagi," ujar Danny kepada wartawan usai meninjau KM Umsini.

Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar.Suasana di KM Umsini tempat isolasi mandiri pasien COVID di Laut Makassar. (Hermawan/detikcom)

Danny mengatakan KM Umsini sedikitnya bisa menampung 804 warga yang memiliki gejala ringan COVID-19 dan juga orang tanpa gejala (OTG). Danny memastikan fasilitas untuk pasien COVID isoman diberi perhatian lebih.

"Tinggal ada beberapa pembenahan misalnya sistem sirkulasi, saya akan tambah ventilasi, tambah hepa. Hepa itu adalah untuk mematikan virus, membersihkan virus di dalam situ," ucap Danny.

"Kedua, kalau tadi toiletnya bagus, restorannya bagus, musiknya mau dikasih naik ini di kapal, untuk olahraga juga insyaallah, kemudian untuk hiburan-hiburan TV dan edukasi itu kemungkinan kita akan bikin, mohon kita kasi tambahkan untuk sistem WiFi sendiri kemudian untuk TV dan program, seperti Netflix, semua itu, kita coba akan masukkan supaya semua mereka betah," sambung Danny.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.