Lanjutkan PPKM Level 4, Jokowi Ingatkan 3 Pilar Utama Lawan Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 19:31 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam menangani pandemi COVID-19, pemerintah bertumpu pada 3 pilar utama.

"Kebijakan kita dalam penanganan pandemi COVID-19 ini akan bertumpu kepada 3 pilar utama," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Pilar pertama ialah merupakan percepatan vaksinasi. Jokowi menyebut percepatan ini terutama pada wilayah yang memiliki mobilitas tinggi dan kegiatan ekonomi.

"Pertama kecepatan vaksinasi, terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi," kata Jokowi.

Selanjutnya penerapan 3M secara masif di masyarakat. Serta kegiatan testing hingga tracing secara masif.

"Kedua penerapan 3M yang masif diseluruh komponen masyarakat. Ketika kegiatan testing, tracing, isolasi, dan treatment secara masif," tuturnya.

Menjaga bed occupancy rate (bor) juga disebut perlu diperhatikan. Di antaranya dengan penambahan fasilitas isolasi terpusat dan menjamin pasokan obat dan oksigen.

"termasuk menjaga bor penambahan fasilitas isolasi terpusat serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen," ujar jokowi.

Simak Video 'Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus, Ini Alasannya':

[gambas:video 20detik]



(dwia/fjp)