Hutama Karya Gelar Vaksinasi Dosen di UIN Syarif Hidayatullah

Khoirul Anam - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 18:28 WIB
Hutama Karya Dukung Vaksinasi bagi Tenaga Pendidik di Kampus
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) menyediakan fasilitas pelayanan Sentra Vaksinasi di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berkolaborasi dengan Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (IKALUIN), Sentra Vaksinasi ini disediakan perusahaan selama sehari penuh pada Kamis (22/7) lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pelayanan sentra vaksinasi ini disediakan gratis bagi dosen dan keluarga IKALUIN.

"Bertempat di Gedung FK dan FIKES UIN Syarif Hidayatullah, dalam penyediaan pelayanan Sentra Vaksinasi di UIN Syarif Hidayatullah ini, Hutama Karya telah memberikan bantuan berupa penyuntikan vaksin Sinovac dan pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (2/8/2021).

"Untuk operasional vaksinasi dibantu langsung oleh tenaga kesehatan yang disediakan oleh IKALUIN. Harapannya, penyediaan sentra vaksinasi ini dapat mempercepat proses vaksinasi bagi kalangan tenaga pendidikan hingga meningkatkan kekebalan tubuh (herd immunity) dari potensi penularan virus COVID-19," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan selain menyediakan Fasilitas Sentra Vaksinasi di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, perseroan menyalurkan bantuan berupa ratusan alat pelindung diri (APD), terdiri dari baju hazmat, sarung tangan medis, masker medis, dan safety goggles untuk tenaga medis di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur.

Di samping itu, perusahaan juga menyediakan bantuan berupa 500 karton air mineral (In Fresh Water) kepada para relawan, tenaga medis, dan pasien di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran. Kedua paket bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Asisten Manajer CSR/PKBL Bidang II Hutama Karya, Nur Intan Savitri B, kepada Koordinator Logistik RSDC Wisma Atlet, Mayor Hadi Wahono, dan Kepala Markas PMI Kota Jakarta Timur, Ahmad Fadhli, pada Juli lalu.

"Sebagai BUMN, seluruh bantuan ini merupakan dukungan dan kepedulian perusahaan untuk terus hadir menghubungkan kebaikan, khususnya bagi para tenaga medis dan relawan. Kami berharap, dukungan yang diberikan Hutama Karya ini dapat membantu tenaga medis dalam mengurangi potensi peningkatan angka penularan virus COVID-19 di Indonesia," tutup Tjahjo.

Diketahui, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh Tim TJSL Hutama Karya untuk menangani COVID-19 telah mengacu pada ISO 26000 dan merupakan implementasi dari Pilar Pembangunan Sosial serta SDGs Nomor 3 tentang Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Sebagai informasi, hingga hari ini, sederet upaya Hutama Karya untuk menangani COVID-19 dengan membagikan sebanyak lebih dari 687 ribu masker medis dan masker kain, 7 ribu lebih APD dan alat kesehatan, 144 unit sarana cuci tangan, 17 ribu liter hand sanitizer dan hand soap, 6 ribu liter cairan desinfektan beserta sprayer, serta ribuan paket sembako. Bantuan tersebut selanjutnya disalurkan ke berbagai daerah di wilayah kerja Hutama Karya, antara lain DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, dan wilayah lainnya.

Hutama Karya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi aturan protokol kesehatan sekaligus menerapkan pola hidup sehat dengan 5M dalam setiap aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

(akd/ega)