Dear Pemburu Vaksin Ke-3, Masih Banyak yang Belum Dapat Dosis Pertama!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 12:17 WIB
Program vaksinasi COVID-19 terus digencarkan di Ibu Kota Jakarta. Kali ini giliran sejumlah anak berkebutuhan khusus di Jakarta Utara disuntik vaksin COVID-19.
Foto vaksinasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memohon kesadaran warga Indonesia yang ingin mendapatkan vaksin virus Corona ketiga. Saat ini, belum saatnya vaksin ketiga diberikan untuk warga non-tenaga kesehatan (nakes). Soalnya, masih banyak warga yang sama sekali belum mendapat vaksin.

"Kalau ada yang pengin mendapatkan vaksin dosis ketiga, secara etika, secara moral kita harus berikan itu dulu ke orang yang belum mendapatkan, even (bahkan) vaksin pertama, even vaksin pertama," kata Budi dalam keterangan pers via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Vaksin ketiga sebagai booster saat ini hanya diperuntukkan bagi nakes. Di luar itu, tidak bisa. Ini karena masih banyak yang belum kebagian suntikan vaksin pertama. Vaksin booster untuk nakes adalah vaksin Moderna.

"Sesudah vaksin kedua, apakah kita harus vaksin ketiga? Saya bilang teman-teman, itu tadi, yang bisa mendapatkan akses barulah sekitar 70 juta rakyat dari target kita 208 juta," kata Budi.

Simak video 'Kapan Baiknya Vaksin Covid-19 Booster Diberikan?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, vaksin booster saat ini hanya untuk nakes: