Menkes: Stok Vaksin Corona di Daerah Capai 80 Juta Dosis pada Agustus

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 12:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis target 2 juta vaksinasi per hari pada Agustus akan tercapai. Apalagi, kata Budi, pada Agustus nanti, Indonesia akan kedatangan 70 juta vaksin COVID-19.

"Minggu lalu kita kirim 13 juta dosis vaksin ke seluruh daerah. Di Agustus ini kita akan kedatangan 70 juta lebih dosis vaksin akan datang," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Setpres, Senin (2/8/2021).

Budi memperkirakan, pada Agustus, stok vaksin COVID-19 di daerah akan mencapai 80 juta. Karena itu, dia meyakini target 2 juta vaksinasi per hari pada Agustus akan terpenuhi.

"Menjadi perkiraan kami stok akan yang ada di daerah atau vaksin yang akan datang di daerah bisa mencapai 80 juta di bulan Agustus. Jadi kalau dua juta per hari kali 31 hari Agustus, ya kira-kira 60 juta, kita masih ada kelebihan," ujarnya.

"Jadi insyaallah 2 juta vaksin di Agustus itu bisa tercapai," sambung Budi.

Budi mengakui Indonesia memang sempat mengalami kekurangan stok vaksin. Hal itu, lanjutnya, lantaran vaksinasi yang dilakukan sangat cepat. Namun, dia memastikan pemerintah sudah menambah stok vaksin di daerah.

"Kekurangan vaksin itu di akhir bulan Juli saja, minggu ketiga. Karena memang waktu itu TNI-Polri cepat sekali menyuntiknya. Tapi di minggu lalu kita sudah kirim 13 juta lagi dosis dan di Agustus kita akan kedatangan minimal atau lebih dari 70 juta dosis lagi," pungkas dia.

(mae/fjp)