detikcom Do Your Magic

Taman di Jembatan Kota Paris Sudah Selesai, Tinggal Serah-Terima

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 12:15 WIB
Taman Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Taman Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, yang sebelumnya jadi akses tawuran, disebut telah selesai dibangun. Kini, tinggal penyerahan dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat kepada Kelurahan Tanah Tinggi.

"Sudah (selesai). Tinggal dilengkapi BAST, Berita Acara Serah Terima, dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota JP, ke unsur kelurahan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

Disebut, proyek itu selesai pada akhir Juli 2021. "Sekitar dua minggu lalu selesai," katanya.

Pekerjaan proyek taman di Jembatan Kota Paris dimulai pada awal Mei 2021. Jembatan Kota Paris, yang menghubungkan Kelurahan Kampung Rawa dengan Kampung Kota Paris (Tanah Tinggi), menjadi akses tawuran. Karena itu, taman yang membuat akses tertutup bisa menghalangi orang yang akan tawuran.

Area utama Jembatan Kota Paris telah diubah menjadi taman. Pada bagian pinggir jembatan, terdapat besi penghalang agar tak ada yang menyeberang. Pada bagian tengah, terdapat berbagai macam bunga yang ditanam.

Kemudian, ada taman ruang terbuka hijau di sisi barat Jembatan Kota Paris di pinggir Jl Pulo Gundul, Tanah Tinggi. Sebelumnya tempat itu adalah area lapak-lapak pedagang dan tempat parkir.

Berdasarkan desain, akan ada planter box alias tempat tanaman di area taman. Bakal disediakan pula tempat duduk yang memungkinkan warga berinteraksi di dalam taman. Terlihat dari gambar, ada jalan zigzag di dalam taman.

"Konsepnya seperti plaza, setiap plaza kan ada planter box-nya, ada tanaman, ada pohon," kata Mila (17/6).

(aik/dnu)