Jokowi Minta Tetap Waspada Selain Bersyukur karena Corona Turun

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:38 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, kasus konfirmasi dan bed occupancy rate (BOR) di Indonesia sudah menurun. Namun meski bersyukur, kata Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar tetap waspada.

"Kita bersyukur bahwa kasus konfirmasi di Indonesia sudah menurun demikian juga dengan BOR rumah sakit tekanannya sudah mulai menurun rata-rata 7 hari terakhir ini," kata Budi usai rapat terbatas bersama Jokowi, dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Setpres, Senin (2/8/2021).

"Bapak presiden menekankan, selain kita bersyukur kita harus tetap waspada," imbuh dia.

Budi mengungkapkan, virus Corona varian Delta sulit diduga. Seluruh dunia bahkan mengalami kenaikan kasus akibat varian tersebut.

"Karena memang virus ini sulit diduga penyebarannya terjadi dimana-mana di seluruh dunia. Indonesia termasuk yang kemarin kena naik tinggi sesudah India. Tetapi sekarang negara-negara besar lain di dunia juga naiknya tinggi. Banyak negara-negara seperti Amerika sekarang sudah kembali di atas 100.000," tuturnya.

Karena itu, lanjut Budi, Jokowi mengingatkan agar jajarannya dan seluruh masyarakat untuk tetap waspada meski kerja keras menangani COVID-19 selama ini sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi.

"Jadi Bapak Presiden menekankan kita bersyukur bahwa kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi, tekanan di rumah sakit, tapi jangan lupa kita harus terus waspada," pungkas Budi.

Simak juga video 'Angka Kematian Tinggi Jadi Sorotan di Kebijakan PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)