detikcom Do Your Magic

Perbaikan Selesai, Jembatan Bambu Reyot di Kebon Jeruk Kini Jadi Beton

Nur Aziza - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 10:28 WIB
Jakarta -

Perbaikan jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sudah rampung. Jembatan kini tampak layak dilintasi penduduk sekitarnya.

Pantauan detikcom pukul 09.25 WIB di Kampung Rawa, Jl Swadaya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin(2/8/2021), jembatan tak lagi reyot dan sudah kokoh kembali. Jembatan yang sebelumnya terbuat oleh bambu kini berganti menjadi beton.

Jembatan ini sebelumnya tak disertai pegangan sehingga akan cukup membahayakan penduduk sekitar ketika melintas. Untungnya, perbaikan jembatan ini tak sekadar mengganti bambu menjadi beton, tetapi dipasangi juga pegangan di sisi kanan dan kiri jembatan.

Kini warga yang ingin menyeberang dari Kampung Rawa Barat ke Kempung Rawa Timur atau sebaliknya, bisa aman dan tak khawatir melintasi jembatan beton karena adanya pegangan. Tampak pegangan dicat warna kuning dan hitam mencolok.

Warga di depan lokasi jembatan, Nondol mengatakan jembatan beton ini seingatnya rampung akhir Juni 2021.

"Begitu rapi kering langsung (bisa) lewat," ujar Nondol kepada detikcom, Senin (2/8).

Nondol pun bersyukur karena jembatan bambunya kini berganti menjadi jembatan beton sehingga bisa permanen.

"Alhamdulillah akhirnya dari wali kota dikerjakan, dibikin permanen," tambahnya.

Nondol mengatakan jembatan ini sudah tak seperti awalnya goyang ketika dilewati.

"Jadi dilewatin nggak goyang-goyang lagi, kalau tadinya mah lewat goyang-goyang, apalagi anak kecil demen ngeledek, ya udah dikoyak-koyak begitu," kata Nondol.

"Sudah nyamanlah ibaratnya, berkah juga untuk kepentingan bersama," tambahnya.

Sebelumnya, jembatan beton ini sebelumnya diberitakan detikcom pada Juni lalu berbentuk bambu dan sudah reyot. Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta adalah petugas kuning yang turun tangan memperbaiki jembatan ini. Ada sekitar delapan petugas kuning yang memperbaiki jembatan ini sejak diberitakan pertama kali pada 18 Juni 2021.

(aik/aik)