detikcom Do Your Magic

Anggota DPRD Minta Perbaikan Jembatan Reyot di Kebon Jeruk Tak Molor

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:25 WIB
Perbaikan jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 14 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Perbaikan jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 14 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Jembatan bambu reyot di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sedang diperbaiki. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth meminta agar perbaikan itu selesai maksimal satu bulan sesuai perkiraan.

"Saya minta agar akhir bulan ini, jembatan ini sudah selesai dan harus sudah bisa digunakan oleh warga sekitar. Semoga bisa selesai tepat waktu dan terima Kasih untuk Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta," ujar Kenneth dalam keterangannya, Kamis (17/6/2021).

Kenneth mengaku sempat berkunjung ke lokasi perbaikan saat masih ada petugas di lapangan. Dia mengecek kesesuaian konsep dengan pekerjaannya.

Menurut Kenneth, awalnya Dinas Bina Marga DKI Jakarta ragu untuk mengerjakan proyek jembatan reyot tersebut. Namun akhirnya mereka mengerjakan proyek tersebut setelah merasa memiliki dana cukup.

"Patut diketahui bahwa pada awalnya Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta beralasan tidak ada anggaran dan tidak bisa mengerjakannya dengan berbagai macam alasan," katanya.

"Setelah saya buka anggaran yang mereka punya, mereka ada anggaran pemeliharaan yang cukup besar dan kondisi jembatan bambu ini sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan oleh warga dan sangat berbahaya," ucapnya.

Warga berharap jembatan bambu reyot di Kebon Jeruk ini diganti dengan konstruksi yang lebih kokoh. Menjawab aspirasi warga, Dinas Bina Marga DKI Jakarta kini tengah membangun jembatan beton. Target selesainya renovasi telah dicanangkan.

"Rencana selesai kurang-lebih tiga mingguan. Dari proyek sebelum-sebelumnya, selesai dalam waktu dua minggu. Ya kita targetkan maksimal tiga minggu," ujar koordinator proyek bernama Endang saat ditemui detikcom di lokasi renovasi jembatan reyot, Jl Swadaya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (14/6/2021).

Pengganti Jembatan Reyot Kebon Jeruk

Bila tiga pekan dihitung dari sekarang, mungkin jembatan penyeberangan orang (JPO) ini selesai direnovasi pada 5 Juli mendatang. Jembatan ini melintang di atas Kali Sekretaris, menghubungkan Kampung Rawa Timur dan Kampung Rawa Barat.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Hardiyanto Kenneth meninjau perbaikan jembatan bambu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth meninjau perbaikan jembatan bambu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (Foto: dok. istimewa)

Simak video 'Wujud Jembatan Bambu Reyot di Ibu Kota yang Memprihatinkan':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)