Wapres Ma'ruf saat Zikir Kebangsaan: Mari Berdoa Agar Mampu Hadapi Pandemi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 20:42 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Persatuan dan kesatuan bangsa, tutur Ma'ruf, adalah bentuk lain dari rahmat Allah. Dia mengatakan Indonesia mampu bersatu walaupun memiliki banyak keberagaman suku dan budaya.

"Rahmat lain yang juga diberikan oleh Allah kepada kita adalah munculnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Walaupun bangsa kita terdiri dari berbagai etnis, berbagai suku bangsa, berbagai agama bahkan tersebar di daerah yang begitu luas geografiknya tetapi kita mampu menyatukan barisan, mampu menyatukan gerakan, menyatukan barisan dan itu adalah tidak lain merupakan anugerah Allah, itu adalah rahmat Allah," tutunya.

"Bahkan bangsa kita para pemimpin kita berhasil membangun kesepakatan nasional dan menjadikan Pancasila, UUD 1945, NKRI sebagai landasan kita di dalam berbangsa dan bernegara. Itu adalah anugerah Allah," lanjutnya.

Ma'ruf Amin kembali mengajak untuk terus berdoa kepada Allah. Dia juga berharap agar semangat persatuan dan kesatuan, Indonesia mampu dalam menghadapi tantangan, terutama dalam menghadapi pandemi.

"Marilah kita terus berdoa kepada Allah, semoga semangat persatuan dan kesatuan bangsa, semangat perjuangan, semangat kebangkitan nasional itu terus dapat kita tumbuhkan dan kita bangkitkan untuk menghadapi berbagai tantangan khususnya dalam menghadapi COVID-19 yang sedang kita hadapi sekarang ini," kata dia.


(lir/dhn)