Penjelasan Ilmiah Hewan Bisa Terpapar Corona Seperti Harimau di Ragunan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 10:45 WIB
Harimau di Taman Margasatwa Ragunan positif Corona (Dok. FB Anies Baswedan)
Foto: Harimau di Taman Margasatwa Ragunan positif Corona (Dok. FB Anies Baswedan)

2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Corona

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan dua harimau di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terpapar virus Corona (COVID-19). Anies menyebut keduanya bernama Hari dan Tino. Mereka harus menjalani isolasi.

"Dua warga DKI, Hari dan Tino terpapar COVID. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan," kata Anies seperti dikutip akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (1/8/2021).

"Di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mereka tinggal. Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif COVID-19 15 Juli lalu," lanjutnya.

Anies mengaku menyempatkan diri berkunjung ke Ragunan untuk menengok kedua harimau tersebut usai melakukan kegiatan vaksinasi pada Sabtu (30/7) kemarin. Dia menyebut Hari dan Tino menunjukan gejala terpapar COVID-19 sekitar 3 minggu yang lalu.

"Sekitar tiga minggu lalu, perawat satwa di Ragunan memperhatikan bahwa Hari dan Tino tampak sakit dan bergejala seperti COVID, yaitu flu, lemas dan sesak napas," ucapnya.

Anies menyebut pihak Ragunan langsung bertindak cepat dan melakukan swab kepada harmiau Hari dan Tino usai menunjukan gejala COVID-19. Hasilnya, kata Anies, keduanya pun dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Suzy Marsitawati juga menekankan, kedua satwa tersebut tidak menularkan virusnya kepada manusia. Karena belum ada studi yang menunjukkan eksudat satwa yang terinfeksi Covid-19 mengandung virus aktif. Namun, terkait penyebab keterpaparan virus pada kedua satwa, Suzi menyampaikan bahwa pihaknya juga masih melakukan tracing atau penelusuran.

"Hal ini mengingat, pada saat satwa mulai mengidap gejala, Taman Margasatwa Ragunan dalam kondisi ditutup, karena sudah PPKM Darurat. Kami juga sudah melakukan tracing kepada perawat dan petugas saat satwa sakit, tidak ada yang terpapar COVID-19. Sehingga, kami masih menelusuri penyebabnya," kata Suzy dalam keterang tertulisnya, Minggu (1/8).

Tak hanya Hari dan Tino, beberapa hewan di dunia juga pernah terinfeksi Corona. Misalnya, kucing di Inggris, anjing di Hong Kong, singa di India dan gorila di Amerika Serikat.


(rdp/imk)