Sambut Program Vaksin Merdeka, Polisi Bagi Bansos ke Pedagang-Nelayan Jakut

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 17:50 WIB
Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko bagikan bansos ke warga
Foto: Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko bagikan bansos ke warga (dok. Polsek Sunda Kelapa)
Jakarta -

Polsek Kawasan Sunda Kelapa membagikan sejumlah paket bansos kepada pedagang kecil di kawasan Sunda Kelapa dan Muara Angke, Jakarta Utara. Kegiatan itu dalam menyambut program Vaksinasi Merdeka yang akan berlangsung besok.

"Pelaksanaan sosialisasi Vaksinasi Merdeka dan pembagian sembako diberikan kepada warga, pedagang, tukang gerobak air, nelayan, tukang somay, tukang es krim yang terdampak COVID-19," kata Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Seto Handoko dalam keterangannya, Sabtu (31/7/2021).

Penerima bantuan itu meliputi masyarakat yang berada di wilayah Muara Angke, Pengasinan, Tanggul Kaliadem Nurul Bahri, hingga Kompleks Bermis. Total ada 50 paket sembako yang dibagikan petugas.

Menurut Seto, masyarakat yang diberi bantuan itu merupakan yang telah terdata dan terdampak pandemi COVID, khususnya selama pemberlakuan PPKM level 4. Dia berharap bantuan itu bisa sedikit meringankan kesulitan warga tersebut.

"Ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat di masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 4," terang Seto.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya telah menggagas program Vaksinasi Merdeka bagi warga Jakarta mulai 1 Agustus mendatang. Sekitar 3 juta warga Ibu Kota ditargetkan mendapatkan vaksin dari program tersebut.

"Vaksinasi Merdeka kami menargetkan 3 juta 60 ribu masyarakat akan divaksinasi. Itu adalah sisa dari total warga Jakarta 9 jutaan, hampir 10 juta, yang akan divaksin," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/7).

Program Vaksinasi Merdeka akan dimulai pada 1 Agustus hingga 17 Agustus mendatang. Program itu dibuat dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia.

Fadil berharap lewat vaksinasi merdeka target kekebalan komunal atau herd immunity di Jakarta bisa tercapai. Untuk itu, Vaksinasi Merdeka itu akan ditempatkan di RW yang warganya masih kesulitan mendapatkan akses vaksin COVID-19.

"Ada 900 gerai yang berada di pos RW. Masyarakat tinggal buka pintu, dia keluar, dia bisa langsung divaksin. No barrier to entry. Karena jaraknya sudah dekat dan masyarakat di situ dilibatkan. Jadi tidak ada satu masyarakat pun yang terlewat," ungkap Fadil.

(ygs/dnu)