Ucapan Luhut 'Kini Kita Ngerti Teknik Tracing Penting' Disorot, Ini Kata Jubir

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 18:43 WIB
Poster
Luhut Binsar Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)

Penjelasan Jubir Luhut

Juru bicara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, menjelaskan maksud dari pernyataan Luhut itu. Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan gambaran untuk menjelaskan cara mengurangi laju penularan Corona.

"Pak Luhut hanya berusaha memberi gambaran bahwa ketika diberi tugas menjadi koordinator PPKM Jawa-Bali, demi mengurangi laju penyebaran virus COVID-19, Pak Luhut menekankan kepada seluruh K/L terkait bahwa kita harus menggalakkan 3T (testing, tracing, dan treatment) hingga minimal ke lima orang yang memiliki kontak erat dengan penderita COVID-19," kata Jodi kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Dia mengatakan bahwa testing dan tracing juga melibatkan jajaran TNI, Polri, ASN hingga BNPB. Dengan adanya tracing dan testing, angka kasus harian semakin banyak yang terlacak.

"Khusus untuk Testing dan Tracing, pemerintah melibatkan jajaran TNI dan Polri sekaligus ASN dan BNPB. Untuk mekanismenya dilakukan secara digital yang hasilnya akan terintegrasi dalam sebuah sistem yang padu. Dengan masifnya pelaksanaan testing dan tracing seperti itu, diperkirakan kasus konfirmasi harian akan tinggi karena kapasitas testing yang meningkat," ujarnya.

Lebih lanjut, Jodi mengatakan bahwa Luhut meminta masyarakat tak perlu khawatir jika banyak yang dites. Pasalnya, potensi penularan virus bisa berkurang.

"Pak Luhut juga memohon kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak perlu khawatir karena dengan semakin banyak orang yang di tes dan dilacak, maka potensi penularan virus bisa berkurang," lanjutnya.


(rdp/fjp)