Alert! Kematian Corona di 5 Provinsi Luar Jawa Bali Ini Naik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 16:14 WIB
Jakarta -

Sejumlah daerah di luar Pulau Jawa dan Bali mengalami kenaikan angka kematian mingguan. Angka ini tercatat ketika kurang dari sepekan, kematian Corona RI sudah bertambah 10 ribu orang.

Awalnya, Satgas mengungkap bahwa jumlah kematian terbanyak di Indonesia selama pandemi terjadi pada Juli 2021. Tercatat ada 30 ribu kasus kematian.

"Bulan Juli ini menjadi bulan dengan kematian paling banyak selama pandemi di Indonesia hingga kemarin total sebanyak 30.168 kematian tercatat di bulan ini," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers seperti disiarkan YouTube BNPB, Kamis (29/7/2021).

Wiku menyebut kematian pada Juli terbilang sangat tinggi. Hal itu disebabkan perbandingan dengan jumlah kematian pada Juni cukup jauh, yakni 7.913 kasus.

"Jika dilihat dari provinsi yang mengalami kenaikan kematian mingguan per tanggal 25 Juli lalu ternyata 5 dari 10 provinsi berasal dari luar Jawa dan Bali, meski Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI masih menjadi penyumbang tertinggi," terang Wiku.

Lima provinsi luar Jawa yang dimaksud Wiku adalah Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan. Ke-5 provinsi ini, terang Wiku, perlu waspada karena mengalami kenaikan jumlah kematian yang cukup tinggi minggu ini.

"Hal ini harusnya menjadi alarm bagi pemerintah daerahnya karena sebagian besar kabupaten-kota di provinsi tidak menjalankan PPKM level 4," terang Wiku.

Berikut ini 10 provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi minggu ini:
1. Jawa Tengah (naik 825 dari minggu sebelumnya)
2. Jawa Timur (naik 586 dari minggu sebelumnya)
3. DKI Jakarta (naik 510 dari minggu sebelumnya)
4. Kalimantan Timur (naik 189 dari minggu sebelumnya)
5. DIY (naik 136 dari minggu sebelumnya)
6. Riau (naik58 dai minggu sebelumnya)
7. Bali (naik 53 dari minggu sebelumnya)
8. Sulawesi Selatan (naik 48 dari minggu sebelumnya)
9. Kalimantan Tengah (naik 44 dari minggu sebelumnya)
10. Sumatera Selatan (naik 43 dari minggu sebelumnya)