Ucapan Luhut 'Kini Kita Ngerti Teknik Tracing Penting' Disorot, Ini Kata Jubir

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 18:43 WIB
Poster
Luhut Binsar Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sekarang semakin mengerti bahwa teknik tracing penting dalam penanganan Corona. Pernyataan ini dipertanyakan lantaran pemerintah dianggap telat dalam memahami teknik penanganan Corona.

Pernyataan Luhut itu disampaikan saat melaksanakan kunjungan ke Rumah Oksigen yang diinisiasi oleh GoTo di Pulogadung, Jakarta Barat, Kamis (29/072021). Luhut mengatakan bahwa pemerintah semakin mengerti teknik tracing penting dalam penanganan Corona.

"Jadi sekarang kita sudah semakin mengerti bahwa teknik tracing itu penting dalam penanganan COVID-19. Teknik tracing ini kuncinya," kata Luhut dalam keterangan tertulis.

Dia kemudian menjelaskan, dengan adanya teknik tracing, penyebaran virus COVID-19 dapat dengan cepat diketahui.

Meskipun tidak tertutup kemungkinan bila jumlah positif akan diketahui lebih banyak dari sebelumnya.

"Jadi saya sudah bilang Presiden nanti mungkin jumlah yang diketahui terinfeksi akan naik, namun tidak apa-apa, kan dia 'tercabut' dari keluarganya. Jadi tidak terjadi banyak penularan di keluarga," jelasnya.

Pernyataan Luhut soal 'kita sudah semakin mengerti bahwa teknik tracing itu penting dalam penanganan COVID-19' menjadi sorotan di Twitter. Pernyataan tersebut dinarasikan sebagai bukti pemerintah baru tahu tracing kunci penanganan Corona. Pemerintah dianggap telat memahami hal tersebut.

Bagaimana penjelasan Jubir Luhut terkait pernyataan ini?