127 Nakes di Maros Sulsel Positif COVID-19 dalam 2 Minggu

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 14:54 WIB
Poster
Ilustrasi nakes (Edi Wahyono/detikcom)
Maros -

Ratusan tenaga kesehatan di Kabupaten Maros, Sulsel, positif COVID-19 dalam 2 minggu terakhir. Tenaga kesehatan ini disebut tertular dari pasien yang datang ke fasilitas kesehatan.

"Iya di Maros ini sampai hari ini sudah 127 nakes yang terkonfirmasi COVID-19," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Maros Muhammad Yunus saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (30/7/2021).

Muhammad Yunus mengatakan ratusan nakes ini tersebar di beberapa puskesmas dan rumah sakit di Maros.

"Ada tersebar di 11 puskesmas dan 1 rumah sakit. Itu rata-rata kena di resepsionis dan terlibat langsung di bagian penanganan (pasien)," sebutnya.

Untuk mencegah penularan semakin meluas, Dinkes Maros telah meminta nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 melakukan isolasi mandiri. Sementara nakes lainnya yang negatif diminta melakukan pengetatan protokol kesehatan, khususnya di setiap fasilitas kesehatan.

"Ini kan pasien yang tidak steril dan dari kunjungan. Kan rata-rata yang kena itu di bagian resepsionis," terangnya.

Meski begitu, 127 nakes yang terkonfirmasi ini tidak bersamaan terpapar. Dia memperkirakan jumlah ratusan nakes yang COVID-19 adalah kumulatif dalam 2 minggu terakhir. Sementara itu, Muhammad Yunus juga mengaku masih menunggu soal agenda vaksinasi tahap 3 bagi nakes.

"Kita belum dapat ini, untuk jatahnya belum ada kabar berapa yang dikasih, baru sosialisasi bawah akan divaksin dosis III Moderna," kata Muhammad Yunus.

(tfq/mae)