Sempat Kosong, Stok Vaksin Corona Tambahan Tiba di Aceh Hari Ini

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 14:35 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi Vaksin Corona (Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Banda Aceh -

Pemerintah Aceh menerima 38 ribu dosis tambahan vaksin Corona dari Kemenkes RI hari ini. Stok vaksin Corona di Aceh sendiri sempat kosong di dua kabupaten.

"Ada penambahan 38.800 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (30/7/2021).

Hanif mengatakan vaksin tambahan tiba hari ini. Rencananya, vaksin Corona Sinovac itu didistribusikan ke kabupaten/kota pada Sabtu (31/7) besok.

"(Vaksinnya) Sinovac," jelas Hanif.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan pihaknya terus mengejar capaian vaksinasi Corona di Aceh. Masyarakat Tanah Rencong yang telah menjalani vaksinasi hingga Senin (26/7) disebut berjumlah 653.880 orang (16,23%) untuk dosis 1 dan 249.633 orang (6,20%) untuk dosis 2.

"Upaya mengejar capaian vaksinasi tersebut akan terus kita lakukan secara maksimal, walaupun dengan segala keterbatasan, termasuk kendala ketersediaan vaksin secara nasional yang berdampak pula kepada kita," kata Nova kepada wartawan.

Menurutnya, Pemerintah Aceh hingga Rabu (28/7) telah menerima 666.840 dosis vaksin dari Kemenkes. Vaksin itu kemudian didistribusikan ke kabupaten/kota.

"Perlu langkah-langkah strategis agar vaksin yang telah telah diperoleh tidak menganggur dan harus segera dimanfaatkan," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Aceh menyebut persediaan vaksin COVID-19 di Tanah Rencong telah menipis. Bahkan dua kabupaten disebut stoknya sudah kosong.

"Dua Kabupaten itu stoknya sudah nol di Kabupaten Abdya dan Bener Meriah. Mungkin menyusul beberapa kabupaten/kota untuk hari ini dan besok mulai nol," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman kepada wartawan, Kamis (29/7).

(agse/haf)