Waduh! Stok Vaksin Corona 2 Kabupaten di Aceh Kosong

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 09:20 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi vaksin (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Banda Aceh -

Dinas Kesehatan Aceh menyebut persediaan vaksin COVID-19 di Tanah Rencong telah menipis. Bahkan dua kabupaten disebut stoknya sudah kosong.

"Dua kabupaten itu stoknya sudah nol di Kabupaten Abdya dan Bener Meriah. Mungkin menyusul beberapa kabupaten/kota untuk hari ini dan besok mulai nol," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr Iman Murahman kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Iman berharap pemerintah pusat segera mengirim kembali dosis vaksin COVID-19 agar stok di Aceh mencukupi. Menurutnya, serapan vaksin di beberapa daerah di Aceh disebut sedang tinggi.

"Jadi kita bisa menutupi kabupaten/kota yang stoknya sudah menipis tersebut," jelasnya.

"Termasuk juga stok di Kota Banda Aceh, karena Banda Aceh ini serapannya tinggi sekali, sehingga sangat butuh suplai vaksin yang lebih lagi, terutama untuk pelaksanaan dosis kedua," lanjutnya.

Iman mengungkapkan sebagian masyarakat di Aceh telah melakukan vaksinasi dosis pertama pada bulan Juni dan Juli. Seharusnya mereka bakal mendapatkan suntikan dosis kedua.

Menurut Iman, stok vaksin di gudang Dinkes Aceh sisanya hanya 1.000 dosis, yang dipakai untuk vaksinasi di gedung Banda Aceh Convention Hall. Dia berharap stok vaksin di beberapa lokasi vaksinasi di Banda Aceh masih mencukupi.

"Mudah-mudahan dalam dua-tiga hari ini pemerintah pusat akan mengirim vaksin ke Aceh. Dan kami tetap menampung berapa pun yang mereka kirim dari pusat," ujarnya.

Simak Video: Total Vaksin COVID-19 yang Diterima RI Masih 30% dari Kebutuhan

[Gambas:Video 20detik]



(agse/mae)