Viral Pasien Anak Diberi Infus Kedaluwarsa di RS Labusel Sumut

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 11:04 WIB
Screensho video viral infus kedaluwarsa di Labusel (dok. Istimewa)
Screenshot video viral infus kedaluwarsa di Labusel (dok. Istimewa)
Labuhanbatu Selatan -

Video menunjukkan proses penggantian infus ke pasien anak disertai narasi soal infus sudah kedaluwarsa viral. Peristiwa ini disebut terjadi di RSUD Kotapinang, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara (Sumut).

Dilihat detikcom, Jumat (30/7/2021), dalam video itu terlihat sebuah infus yang dipasangkan ke pasien anak di sebuah rumah sakit. Di bagian luar botol infus tertulis tanggal kedaluwarsa bulan 5 tahun 2021.

Dalam video lainnya, terlihat proses penggantian infus kepada pasien. Suara dalam video menyebut dilakukan pergantian infus yang sudah kedaluwarsa.

"Malah dikasih yang kedaluwarsa yang kayak gitu untuk anakku," kata suara dalam video.

Kepala Dinas Kesehatan Labusel Faisal Harahap mengatakan akan memanggil pihak RSUD Kotapinang. Faisal mengatakan pihaknya baru mengetahui peristiwa itu setelah video tersebut viral.

"Nanti kita lihat, tingkat kesalahannya sebesar apa. Kalau pegawainya salah, nanti itu wewenang direktur rumah sakit," kata Faisal.

Faisal mengatakan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa seharusnya disimpan di tempat terpisah agar tidak tercampur dengan yang lain. Faisal menyebut pihaknya akan menunggu penjelasan dari pihak RSUD Kotapinang.

"Kita tunggu. Soalnya, ini masalah pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

(haf/haf)