Luncurkan 'Vaksinasi Merdeka', Kapolda Metro Target 3 Juta Warga Divaksin

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 10:21 WIB
Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Targetkan 3 Juta Warga Jakarta DIvaksin Sebelum 17 Agustus 2021 (Yogi/detikcom)
Foto: Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Targetkan 3 Juta Warga Jakarta DIvaksin Sebelum 17 Agustus 2021 (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menggagas program vaksinasi merdeka bagi warga Jakarta mulai 1 Agustus mendatang. 3 juta warga di Jakarta ditargetkan mendapatkan vaksin COVID-19 dari program tersebut.

"Vaksinasi merdeka kami menargetkan 3 juta 60 ribu masyarakat akan divaksin. Itu adalah sisa dari total warga Jakarta 9 jutaan hampir 10 juta yang akan divaksin," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Program vaksinasi merdeka akan dimulai pada 1 Agustus hingga 17 Agustus mendatang. Program itu dibuat dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

Fadil berharap lewat vaksinasi merdeka target kekebalan komunal atau herd immunity di Jakarta bisa tercapai. Untuk itu, vaksinasi merdeka itu akan ditempatkan di RW yang warganya masih kesulitan mendapatkan akses vaksin COVID-19.

Bagi warga yang ingin divaksin hanya tinggal mendatangi gerak RW tersebut. Fadil berharap vaksinasi merdeka bisa menghilangkan hambatan bagi masyarakat yang selama ini belum mendapatkan vaksin.

"Ada 900 gerai yang berada di pos RW. Masyarakat tinggal buka pintu, dia keluar, dia bisa langsung divaksin. No barrier to entry. Karena jaraknya sudah dekat dan masyarakat di situ dilibatkan jadi tidak ada satu masyarakat pun yang terlewat," ungkap Fadil.

Dalam pelaksanaan program vaksinasi merdeka ini, Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah instansi mulai dari relawan tenaga kesehatan, rumah sakit, aplikasi transportasi, hingga para mahasiswa.

Fadil menyebut sinergi kolaborasi lintas sektor ini menandakan semangat masyarakat yang sama untuk bisa menghilangkan pandemi virus Corona di Jakarta.

"Dari Jakarta kita bisa buktikan kalau semua gerakan segenap lapisan bergerak saya kira apapun bisa kita kerjakan. Kekuatan kebersamaan fondasi kegotongroyongan, tiang kerukunan itu menjadi kekuatan kita bangsa Indonesia," ujar Fadil.

Lebih lanjut Fadil mengatakan program vaksinasi merdeka ini akan dilakukan hingga tuntas. Petugas akan melakukan vaksinasi kepada masyarakat hingga tahap dosis kedua.

"Kami juga akan lakukan vaksinasi dosis kedua pada tanggal 28 Agustus sampai 13 September. Jadi kami ingin tuntaskan gerakan vaksinasi merdeka akan juga lakukan dosis kedua," pungkas Fadil.

Tonton juga Video: Perkembangan Terkini Vaksin Merah Putih, Siap Diproduksi Massal?

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/mea)