Tembus 90 Ribu, Kematian Corona RI Tambah 10 Ribu Tak Sampai Seminggu

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 07:48 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Penambahan angka kematian akibat virus Corona di Indonesia makin cepat. Kurang dari sepekan, kematian Corona RI bertambah 10 ribu orang.

Kemarin, Kamis (29/7/2021), jumlah kumulatif kematian Corona di Indonesia tembus 90 ribu. Tepatnya, angka kematian Corona di RI kini 90.552 orang.

Padahal angka kematian Corona RI baru tembus 80 ribu orang pada enam hari sebelumnya. Berdasarkan catatan detikcom, kematian Corona RI kumulatif mencapai 80.598 pada Jumat (23/7/2021).

Angka Kematian Corona Tinggi hingga Pecah Rekor

Dalam beberapa waktu terakhir, tingginya angka kematian Corona menjadi sorotan. Pada pekan ini angka kematian sempat memecahkan rekor.

Pada Selasa (27/7/2021), pemerintah menyatakan ada 2.069 pasien Corona yang meninggal dunia. Itu adalah pertama kali angka kematian tembus 2.000.

Kematian Corona Tinggi Jadi Atensi Pemerintah

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan sempat mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan Jokowi meminta seluruh jajarannya bekerja mati-matian menurunkan angka kematian akibat COVID-19.

"Secara khusus Presiden @jokowi menyampaikan kepada kami semua bawahannya untuk bekerja mati-matian menurunkan angka kematian. Untuk itu, saya sampaikan kepada seluruh K/L terkait agar selalu mengecek dan melihat keadaan di lingkungan kerja dan tempat tinggal masing-masing, apakah sudah berjalan pelaksanaan 'testing, tracing, dan treatment' ini," tutur dia.

Luhut pun berharap bantuan dari masyarakat. Dia meminta masyarakat lebih berdisiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Jika saat ini kami yang duduk di pemerintahan sedang mengejar pelaksanaan 3T, saya berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa membantu kami dengan lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi agar kehidupan dan aktivitas kita bisa normal kembali seperti sedia kala," pungkas dia.

Simak Video: Corona RI Per 29 Juli: 45.494 Pasien Sembuh, 1.893 Kematian

[Gambas:Video 20detik]



(imk/aik)