Perjuangan Kakek 67 Tahun di Makassar Gowes Belasan Km demi Vaksinasi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 15:20 WIB
ilustrasi suntikan
Foto ilustrasi vaksinasi. (dok. thinkstock)
Makassar -

Kakek Syafruddin rela mengayuh sepeda belasan kilometer untuk ikut vaksinasi COVID-19 di Nipah Mall. Syafruddin, yang berangkat pagi hari, tidak melaksanakan vaksinasi di puskesmas dekat rumahnya lantaran belum terbuka saat dirinya hendak berangkat kerja.

"Saya kan kalau pagi-pagi, puskesmas belum terbuka dan saya naik sepeda pergi kerja dari Kerung-kerung ke Minasa Upa, pagi-pagi berangkat. Kalau pulangnya tidak tentu, kalau banyak cucian sampai pukul 20.00 atau 21.00 malam. Saya sebelum pukul 20.00 sudah cari uang," kata Syafruddin saat berbincang dengan detikcom, Kamis (29/7/2021).

Lansia 67 tahun itu bercerita diminta menjalani vaksinasi saat tiba di tempat cuci kendaraan, yang merupakan tempat kerjanya, oleh bosnya. Akhirnya dia harus mengayuh sepeda dari Minasa Upa ke Nipah Mall, lokasi vaksinasi massal.

"Begini, Pak, saya kan cari uang. Kebetulan bos saya itu pagi minta vaksin, kalau tidak vaksin tidak bisa kerja. Terpaksa saya berani naik sepeda ke Nipah Mall vaksin," terangnya.

Sesampai di Nipah Mall sekitar pukul 08.00 WITa, dia mengaku kebingungan lantaran tidak bisa melakukan pendaftaran vaksinasi secara online. Ponsel yang dipergunakannya saat ini pun milik anaknya.

"Tidak ada HP ku, saya kan pukul 08.00 Wita menunggu lama-lama. Lalu saya bilang, 'Pak (panitia), saya kan mau kerja, kasihan, nanti banyak kerjaku.' (Dijawab panitia, red) 'Tunggu Pak, antre Pak.' Jadi saya tunggu, tidak lama saya ditarik masuk, saya divaksin pukul 14.00 siang," ucapnya.

Setelah divaksinasi, Syafruddin mengaku pusing tapi dia masih harus bersepeda ke tempat kerjanya. Saat ini dia mengaku akan dipanggil untuk bertemu langsung dengan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Begini, Pak, sebetulnya kalau vaksin memang takut-takut saya pertama. Tetapi kalau saya tidak vaksin, saya tidak masuk kerja. Saya juga ikuti apa maunya pemerintah. Baru ini tadi siang sakit kepalaku (usai vaksin), tetap jalanji pakai sepeda," terangnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.