Satgas COVID DPR Sambangi Kimia Farma, Cek Produksi 'Obat' Corona Murah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 14:48 WIB
Satgas Lawan Covid-19 DPR RI sambangi Kimia Farma (Dok. Istimewa).
Satgas Lawan COVID-19 DPR RI sambangi Kimia Farma. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, memimpin rombongan Satgas Lawan COVID-19 DPR meninjau pabrik PT Kimia Farma di Bandung, Jawa Barat. Dasco dkk mengecek ketersediaan obat murah.

"Hari ini kami meninjau Kimia Farma untuk memastikan bahwa obat antivirus Avigan sudah bisa diproduksi secara mandiri oleh Kimia Farma dengan nama generik Favipiravir. Kapasitas produksi dua juta butir per hari dengan bahan baku cukup," kata Dasco dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Dasco menjelaskan PT Kimia Farma, yang merupakan bagian dari BUMN Farmasi, telah menambah kapasitas produksi Favipiravir yang semula hanya 250 ribu butir per hari menjadi 2 juta tablet per hari. Dasco mengapresiasi gerak cepat PT Kimia Farma yang berhasil menambah kapasitas produksi obat terapi infeksi virus COVID-19, Favipiravir.

"Dan insyaallah dengan Kimia Farma dan beberapa pabrik lainnya itu kebutuhan obat antivirus akan segera terpenuhi dengan harga yang relatif terjangkau," ujarnya.

Selain Favipiravir, Kimia Farma sedang menunggu hasil uji klinis obat COVID-19 lainnya yang bernama Molnupiravir. Menurut Dasco, seseorang yang terpapar COVID-19 tak perlu minum beragam macam obat lainnya jika telah mengonsumsi Molnupiravir.

Dengan peningkatan kapasitas produksi Kimia Farma dan beberapa pabrik farmasi lainnya, Dasco berharap kebutuhan obat antivirus COVID-19 murah bagi masyarakat akan tercukupi serta dapat diakses dengan mudah.

"Kami sangat mengapresiasi Kimia Farma yang responsif melakukan peningkatan produksi. Makanya ayo kibarkan bendera merah putih, jangan bendera putih, kita lawan COVID," kata Ketua Harian DPP Gerindra ini.

Dalam kunjungan itu, Dasco didampingi anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR RI, seperti Andre Rosiade, Emanuel Melkiades Laka Lena, Charles Meikyansyah, dan Sari Yuliati. Kedatangan mereka disambut Direktur Utama PT Kimia Farma Verdi Budidarmo, Direktur Produksi Andi Prazos, dan Komisaris Independen Musthofa Fauzi.

Simak juga 'Menkes Amankan Stok Azitromisin hingga Favipiravir di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)