Daftar Negara yang Sudah Wajibkan Bukti Vaksin untuk Pergi ke Mana-mana

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 14:19 WIB
Unrecognisable person in car giving on border control passport and certificate of covid-19 vaccination.
Ilustrasi sertifikat vaksin Corona (Getty Images/ArtistGNDphotography)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan aturan syarat sertifikat vaksin Corona untuk berbagai macam kegiatan. Aturan ini juga sudah diberlakukan di sejumlah negara lain.

Sebagaimana diketahui, sertifikat vaksin menjadi syarat untuk berbagai kegiatan di Jakarta. Dari syarat pelaku perjalanan jarak jauh, syarat pengunjung salon, syarat mendatangi restoran, hingga sebagai syarat pengunjung pasar.

Tak hanya Indonesia, syarat sertifikat vaksin juga diberlakukan di negara-negara lain. Dilansir BBC, Kamis (29/7/2021), berikut ini daftar negara yang menerapkan aturan bukti sudah vaksin untuk berbagai macam kegiatan.

Israel

Israel memperkenalkan izin vaksin awal tahun ini. Aturan ini mengharuskan orang untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau baru saja terkena virus. Izin itu membantu meningkatkan penyerapan vaksin, terutama di kalangan orang muda.

Setelah tingkat infeksi menurun, pihak berwenang memutuskan untuk mengakhiri skema tersebut.

Tetapi pemerintah sekarang telah mengumumkan rencana untuk memberlakukan sistem itu lagi di tengah lonjakan kasus baru-baru ini.

Sistem surat izin hijau hanya akan memungkinkan mereka yang berusia di atas 12 tahun yang divaksinasi, pulih dari COVID-19 atau yang menunjukkan hasil tes negatif untuk menghadiri acara besar dan memasuki ruang publik tertentu.

Austria

Masuk ke restoran, teater, hotel, fasilitas olahraga, dan tempat perawatan diri memerlukan bukti vaksinasi, tes negatif, atau surat keterangan sembuh dari COVID-19.

Denmark

Denmark menerapkan hal yang sama. Warga membutuhkan 'Coronapas' untuk semua kunjungan ke restoran dan ikut kegiatan budaya dalam ruangan. Coronapas tersedia dalam bentuk kertas atau dapat diunduh melalui aplikasi.

Prancis

Presiden Emmanuel Macron memerintahkan melalui dekrit bahwa pengunjung ke semua tempat perhotelan dalam ruangan dengan kapasitas lebih besar dari 50 sekarang diminta untuk menunjukkan izin masuk hijau.

Parlemen Prancis sudah menyetujui pemberlakuan paspor vaksin virus Corona ini dalam voting pada Minggu (25/7) waktu setempat, meski menuai protes.

Simak juga 'Pemerintah Sudah Amankan 440 Juta Dosis Vaksin Corona hingga Akhir Tahun':

[Gambas:Video 20detik]